Dunia Hewan: Deskripsi Spesies Baru Ular Badak di Pulau Hainan

By Ricky Jenihansen, Jumat, 9 Desember 2022 | 11:00 WIB
Pandangan umum ular badak Hainan (Gonyosoma hainanense). (Mian Hou)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli telah mendeskripsikan spesies baru ular dari genus ular Gonyosoma yang dikenal dengan ular badak. Spesies baru tersebut adalah genus ular dalam keluarga Colubridae (umumnya dikenal sebagai colubrids) yang ditemukan di Pulau Hainan.

Spesies yang baru diidentifikasi ini bernama Gonyosoma hainanense. Nama tersebut mengacu pada genus dan tempat ditemukannya.

Laporan penemuan tersebut telah dilaporkan di jurnal Zoological Research dengan judul "A new snake species of the genus Gonyosoma Wagler, 1828 (Serpentes: Colubridae) from Hainan Island, China."

Genus ini terdiri dari hampir 10 spesies endemik Asia Selatan yang diakui secara ilmiah. Gonyosoma hainanense menghuni hutan hujan subtropis Pulau Hainan di Provinsi Hainan, Tiongkok.

“Pulau Hainan terletak di Tiongkok selatan, menghadap Semenanjung Leizhou di Guangdong, melintasi Selat Qiongzhou di utara, Guangxi dan Vietnam melintasi Teluk Beibuwan di barat, dan Laut Cina Selatan di selatan,” kata penulis utama Li-Fang Peng, seorang peneliti dari Anhui Normal University dan Huangshan Noah Biodiversity Institute, dan rekannya.

“Ini adalah pulau terbesar kedua di Tiongkok, seluas lebih dari 30.000 km2, dan menampung banyak spesies endemik.”

Peneliti menulis, spesies baru dari genus Gonyosoma Wagler, 1828 dijelaskan di sini berdasarkan enam spesimen dari Pegunungan Diaoluoshan, Pulau Hainan, Provinsi Hainan, Tiongkok. Spesies baru Gonyosoma hainanense sp. nov., paling mirip dengan spesies saudara benuanya, Gonyosoma boulengeri.

“Enam spesimen spesies baru diperoleh dari Pegunungan Diaoluoshan, dan satu remaja dan satu betina dengan enam neonatus diamati dan dilepaskan di Pegunungan Jianfengling.”

“Kedua lokasi distribusi ini berjarak sekitar 200 km, dan menjangkau sebagian besar bagian selatan Pulau Hainan.”

Namun Gonyosoma hainanense sp. november dapat dibedakan dari G. boulengeri dengan dua karakter morfologis yang signifikan. Garis orbit hitam tidak ada pada orang dewasa, terdapat pada G. boulengeri.

Ular badak Hainan (Gonyosoma hainanense). (Mian Hou)

Spesies baru ini juga berbeda secara genetik dan membentuk klad unik dari spesies saudaranya dan semua kerabat lainnya berdasarkan urutan gen mitokondria sitokrom b.