Inilah Atlas, Titan yang Dihukum Zeus Menopang Bumi dan Langit

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 13 Desember 2022 | 15:00 WIB
Atlas di Museum Arkeologi Nasional, Naples. (Thewestologist)

Nationalgeographic.co.id—Sebelum zaman Olympian dalam mitologi Yunani, ada para Titan. Titans memerintah di alam semesta selama Zaman Keemasan. Salah satu dari Dua Belas Titan adalah Atlas. Dia adalah putra dewa Titan Iapetus dan dewi Titan Clymene. Para Titan menguasai alam semesta sampai Zeus, putra sesama Titan Cronus, bersatu dengan para Olympian untuk menggulingkan ayahnya dan melawan para Titan demi alam semesta.

Perang Titan

Selama Perang Titan, para Titan melawan Olympian untuk menguasai alam semesta. Olympian termasuk dewa Yunani Zeus, Poseidon, dan Hades, sedangkan para Titan termasuk dewa Yunani Cronus, Atlas, dan Prometheus.

Selama Perang Titan, Atlas memihak sesama Titan dalam pertempuran untuk mengalahkan Olympian. Para Titan kalah perang, dan para Olympian membuang para Titan ke Tartarus. Tartarus adalah jurang yang dalam yang digunakan sebagai penjara bagi para dewa Titan, dan sebagian besar Titan akan menghabiskan kekekalan di sana.

Nasib Atlas

Tidak seperti sesama Titan, Atlas memiliki hukuman yang berbeda. Alih-alih dibuang ke Tartarus, Zeus memperbudak Atlas untuk mengangkat bumi di pundaknya untuk selama-lamanya. Ini karena Zeus ingin Atlas mencegah Gaia membentuk ikatan primordial dengan Tartarus. Atlas tidak suka mengangkat bumi di pundaknya, dan dia mencoba keluar berkali-kali.

Mitos Atlas dan Perseus

Mitos Atlas dan Perseus bercerita tentang Perseus yang mengubah Atlas menjadi batu dengan menggunakan kepala Medusa. Suatu hari, Perseus sedang dalam perjalanan pulang setelah memenggal kepala Medusa. Dia berhasil mencapai ujung bumi dan tiba di atas Atlas yang mengangkat bumi. Perseus meminta perlindungan Atlas dari perjalanan panjangnya. Atlas diberi tahu dalam ramalan kuno bahwa seseorang akan datang untuk mengambil apel emas sucinya, jadi Atlas mengusir Perseus.

Perseus marah karena Atlas tidak memberinya perlindungan selama perjalanan panjangnya, jadi dia mengeluarkan kepala Medusa dari tasnya dan menunjukkannya kepada Atlas. Atlas menatap mata Medusa yang dipenggal dan langsung berubah menjadi batu.

Mitos Hercules dan Atlas

Saat Hercules menikah dengan Megara, dia memiliki tiga orang putra. Hera, istri Zeus, mencoba menghancurkan Hercules berkali-kali karena Hercules selalu mengingatkan perselingkuhan suaminya Zeus dengan seorang wanita fana Alcmene. Kebencian Hera tersebut sebab wanita fana ini melahirkan putra Zeus, Hercules, dan keberadaannya selalu mengingatkan Hera tentang perselingkuhan. Karena itu, dia mencoba menghancurkannya berkali-kali.

Suatu hari, Hera mengirimkan kegilaan pada Hercules dan membuatnya percaya bahwa dia perlu membunuh istri dan anak-anaknya karena dia mengira mereka adalah orang lain. Begitu Hercules membunuh mereka, dia menyadari apa yang telah dilakukan dan dilanda kesedihan. Hercules meminta nasihat Apollo untuk mencoba memperbaikinya. Apollo memberi tahu Hercules bahwa dia harus mengunjungi Raja Eurystheus dan menjadi budaknya.