Kenapa Waktu Begitu Cepat Berlalu Ketika Sedang Bersenang- senang?

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 12 Desember 2022 | 13:00 WIB
Kenapa waktu cepat berlalu ketika bersenang-senang? (Rodnae Production)

Nationalgeographic.co.id—Pernahkah Anda merasa ketika menghabiskan waktu untuk bersenang-senang waktu berjalan begitu cepat? Sebaliknya, mengapa waktu berjalan lambat saat bosan?

Seperti diketahui, jam paling tepat di dunia berjalan dengan kecepatan tetap, hanya sekitar 1 detik setiap 300 juta tahun. Tetapi otak mengambil detik-detik ritmis itu dan memahami waktunya sendiri

"Bagaimana otak merasakan waktu tergantung pada ekspektasinya. Otak dapat mewakili kemungkinan bahwa sesuatu akan terjadi, mengingat hal itu belum terjadi, kata Dr. Michael Shadlen, ahli saraf di Columbia University Irving Medical Center di New York City.

“Setiap pemikiran memiliki berbagai cakrawala", kata Shadlen dilansir Live Science.

Dalam sebuah buku, misalnya, cakrawala terletak di akhir setiap suku kata, di akhir setiap kata, di akhir kalimat berikutnya, dan seterusnya. Waktu bergerak sesuai dengan bagaimana kita mengantisipasi cakrawala ini.

Ketika Anda benar-benar asyik dengan sesuatu, otak mengantisipasi gambaran besar dan melihat cakrawala dekat dan jauh, yang membuat waktu terasa berlalu. Namun saat Anda bosan, Anda mengantisipasi cakrawala yang lebih dekat seperti akhir kalimat, bukan akhir cerita; cakrawala ini tidak menyatu secara keseluruhan, dan waktu merangkak.

Tidak ada satu titik pun di otak yang bertanggung jawab atas cara kita memandang waktu dengan cara ini. Sebaliknya, area mana pun yang memunculkan pemikiran dan kesadaran kemungkinan besar terlibat dalam tugas ini.

"Hampir pasti ada banyak mekanisme pengaturan waktu di otak," tambah Joe Paton, ahli saraf di Champalimaud Foundation, sebuah yayasan penelitian biomedis swasta di Portugal. Mekanisme waktu subyektif ini tidak ada hubungannya dengan ritme sirkadian, atau bagaimana tubuh kita terkait dengan rotasi 24 jam planet kita.

Salah satu mekanisme melibatkan kecepatan di mana sel-sel otak mengaktifkan satu sama lain dan membentuk jaringan saat Anda melakukan suatu aktivitas. Semakin cepat jalur neuron itu terbentuk, semakin cepat kita merasakan waktu, Paton dan timnya menemukan pada hewan pengerat.

Mekanisme lain melibatkan bahan kimia di otak. Sekali lagi, pada hewan pengerat, Paton dan rekan-rekannya menemukan bahwa satu set neuron yang melepaskan dopamin neurotransmitter - bahan kimia penting yang terlibat dalam perasaan dihargai - memengaruhi cara otak memandang waktu. Saat Anda bersenang-senang, sel-sel ini lebih aktif, mereka melepaskan banyak dopamin dan otak Anda menilai bahwa lebih sedikit waktu yang telah berlalu daripada yang sebenarnya. Saat Anda tidak bersenang-senang, sel-sel ini tidak melepaskan banyak dopamin, dan waktu terasa melambat.

Tidak jelas mengapa otak kita tidak akurat secara metodis saat melacak waktu. Tapi itu bisa memiliki keuntungan evolusioner.

"Hidup adalah serangkaian keputusan harus-saya-tetap-atau-harus-saya-pergi," kata Paton. Rasa waktu internal ini dapat membantu hewan memutuskan kapan tinggal di suatu tempat menguntungkan.