Ilmuwan Selidiki Hubungan Covid-19 dan Penyakit Hati Berlemak

By Ricky Jenihansen, Kamis, 15 Desember 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi penyakit hati berlemak. (Adobe Stock)

Nationalgeographic.co.id—Virus Sars Cov 2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 telah diyakini dapat memperburuk sejumlah kondisi medis lainnya. Tapi sejauh apa Covid-19 dapat memperburuk penyakit lainnya masih terus dipelajari.

Sekarang, para ilmuwan yang dipimpin oleh Storr Liver Center di Westmead Institute for Medical Research University of Sydney ingin mengungkapkan hal tersebut. Mereka mempelajari hubungan Covid-19 dan risiko penyakit hati berlemak.

Dalam penelitian itu, mereka telah mengidentifikasi sebuah gen, yang disebut domain o-asiltransferase yang terikat membran yang mengandung 7 (MBOAT7). Domain tersebut terkait dengan tingkat keparahan Covid-19 dan disfungsi metabolik terkait perlemakan hati penyakit (MAFLD).

Rusaknya toleransi reseptor mengakibatkan kerusakan jaringan, dan hiperaktivasi serta konsekuensi peradangan.

Selanjutnya telah diimplikasikan sebagai faktor risiko untuk bentuk penyakit yang lebih parah dan hasil yang buruk dari berbagai penyakit termasuk Covid-19 dan penyakit disfungsi metabolik seperti penyakit hati berlemak.

Temuan tersebut telah mereka terbitkan di jurnal bergengsi Nature Communications belum lama ini. Jurnal yang merupakan akses terbuka itu diterbitkan dengan judul "A metabolic associated fatty liver disease risk variant in MBOAT7 regulates toll like receptor induced outcomes."

Untuk diketahui, MAFLD memengaruhi satu dari empat orang dewasa dan hampir satu dari 10 anak di seluruh dunia. Secara global, ini adalah jenis penyakit hati kronis yang paling sering terjadi.

“Penyakit hati adalah silent killer. Kebanyakan orang tidak tahu mereka memiliki masalah hati sampai sudah parah dan mereka mengembangkan jaringan parut hati, sirosis hati dan, dalam kasus yang parah, gagal hati dan kanker yang mematikan,” kata Jawaher Alharthi dari University of Sydney dan rekan-rekannya.

“Namun, komplikasinya tidak terbatas pada penyakit hati. Ini sangat terkait dengan beberapa penyakit kardiometabolik lainnya seperti diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.”

Ilustrasi virus SARS Cov 2 penyebab covid-19. (CDC )

Menanggapi Covid-19, lanjutnya, inang (manusia) meningkatkan respons kekebalan yang keseimbangannya menentukan perjalanan penyakit.

“Covid-19 yang parah dikaitkan dengan respons imun dan hiperinflamasi yang diperburuk dan makrofag inflamasi dapat memicu badai sitokin yang menyebabkan kerusakan jaringan," kata Alharthi.