Miris, Orang Miskin Abad Pertengahan Lebih Sering Alami Kekerasan

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 26 Desember 2022 | 11:00 WIB
Orang miskin di London abad pertengahan lebih banyak mengalami kekerasan. (Public doimain)

 

Nationalgeographic.co.id—Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa London abad pertengahan pada kelas sosial ekonomi rendah alias miskin lebih banyak mengalami kekerasan. Hal ini berdasarkan analisis 388 tengkorak oleh peneliti yang mengungkap masa lalu kekerasan London.

Abad pertengahan bisa menjadi masa yang sangat sulit bagi siapa pun. Terutama bagi yang miskin. Studi ini mengidentifikasi pola dan prevalensi trauma tengkorak terkait kekerasan di antara sampel besar kerangka dari London abad pertengahan.

“Tampaknya kekerasan di London abad pertengahan mungkin sebagian besar terkait dengan jenis kelamin dan status sosial,” kata arkeolog Kathryn Krakowka dari Universitas Oxford dikutip New Scientist, usai memeriksa 399 tengkorak dari enam lokasi berbeda di seluruh London abad pertengahan (1050 -1550).

Tengkorak menunjukkan fraktur trauma. (Museum London)

Tengkorak-tengkorak tersebut dianalisis untuk bukti trauma dan dinilai kemungkinan disebabkan oleh kekerasan. Kathryn Krakowka dan timnya mengumpulkan tengkorak dari dua jenis kuburan; biara dan paroki bebas. Pemakaman monastik biasanya disediakan untuk kelas atas sedangkan paroki gratis digunakan oleh kelas sosial ekonomi bawah.

Orang Miskin Lebih Banyak Alami Kekerasan

Tidak mengherankan, laki-laki dari pemakaman paroki bebas tampaknya merupakan demografis yang paling terpengaruh oleh cedera tengkorak terkait kekerasan, terutama trauma benda tumpul pada ruang tengkorak. Secara khusus, Krakowka menemukan bahwa 6,8 persen dari semua tengkorak yang diperiksa menunjukkan semacam trauma terkait kekerasan, sementara sebagian besar laki-laki berusia 26 hingga 35 tahun yang terpengaruh. Selain itu, hampir 25 persen cedera tengkorak terjadi menjelang waktu kematian, yang menunjukkan bahwa orang meninggal karena pukulan di kepala.

Selain itu, Krakowka memperhatikan bahwa kuburan London yang dia jelajahi memiliki tingkat kekerasan hampir dua kali lipat dibandingkan tempat lain di Inggris. Meskipun hasil menunjukkan kekerasan lebih lazim di London abad pertengahan daripada di bagian lain Inggris abad pertengahan, tampaknya sangat mirip dengan bagian lain Eropa abad pertengahan.

“Tingkat kekerasan yang tinggi terbukti di kuburan dari bagian lain Eropa abad pertengahan seperti Kroasia, karena penelitian serupa menunjukkan 20,1 persen orang yang luar biasa mengalami patah tulang tengkorak di Kroasia,” kata Krakowka.

Miskin Tidak Memiliki Akses ke Hukum

Bertarung dengan Cudgels. (Francisco de Goya)

Fakta bahwa kerangka laki-laki dari kuburan paroki bebas dipengaruhi oleh trauma terkait kekerasan, terutama trauma benda tumpul. Temuan ini membuat Krakowka berspekulasi bahwa bisa jadi temuan ini merupakan hasil penyelesaian konflik informal antara individu dengan status lebih rendah. Sistem hukum abad pertengahan tidak tersedia bagi mereka yang tidak mampu membayar biaya atau tidak tahu cara mengakses layanan.