Dunia Hewan: Gen Gurita, Kunci Evolusi Kehidupan Kompleks dan Cerdas

By Wawan Setiawan, Jumat, 23 Desember 2022 | 07:00 WIB
Peneliti dunia hewan di Dartmouth melaporkan gurita memiliki sejumlah besar molekul yang terkait dengan kognisi tingkat lanjut. (Pia via Pexels)

Nationalgeographic.co.id—Gurita adalah salah satu makhluk di dunia hewan yang telah menarik perhatian para ilmuwan dan masyarakat dengan kecerdasan mereka yang luar biasa. Termasuk penggunaan alat, terlibat dalam permainan kreatif dan pemecahan masalah, bahkan melarikan diri dari akuarium.

Kini, ketajaman mereka dapat memberikan hubungan kritis dalam memahami evolusi kehidupan dan kognisi yang kompleks, termasuk otak manusia.

Sebuah tim internasional yang dipimpin oleh para peneliti di Dartmouth College dan Max Delbrück Center (MDC) melaporkan bahwa invertebrate pertama yang diketahui adalah gurita. Makhluk ini tidak memiliki tulang punggung dan merupakan sekitar 95% spesies hewan yang mengandung jumlah tinggi molekul pengatur gen yang dikenal sebagai mikroRNA. Temuan ini telah dipublikasikan di jurnal Science Advances pada 25 November dengan judul makalah “MicroRNAs are deeply linked to the emergence of the complex octopus brain.”

Gen dari dua spesies gurita menunjukkan adanya peningkatan microRNA yang terkait dengan perkembangan sel tingkat lanjut dengan fungsi tertentu. Selama waktu evolusi yang sejauh ini hanya ditemukan pada manusia, mamalia, dan vertebrata lainnya.

Ketika dikombinasikan dengan kecerdasan gurita yang diketahui, temuan ini memberikan dukungan penting untuk teori bahwa microRNA adalah kunci evolusi kehidupan cerdas, kata rekan penulis Kevin Peterson, seorang profesor ilmu biologi Dartmouth. Sistem saraf gurita dan cumi-cumi keduanya milik sejenis moluska yang dikenal sebagai cephalopoda. Ini berevolusi secara independen dari vertebrata. Namun, prevalensi microRNA pada gurita dan vertebrata menunjukkan peran umum molekul dalam kognisi tingkat lanjut.

"MicroRNA dikenal sebagai 'materi gelap' dari genom hewan. Mereka tidak membuat protein, tetapi mereka mengatur ekspresi protein," kata Peterson, mengacu pada bentuk hipotetis dari materi yang dianggap membentuk sebagian besar alam semesta ini. "Ini adalah satu-satunya contoh di semua invertebrata peningkatan mikroRNA yang dramatis dan semua gen itu diekspresikan di otak."

Gambar gurita biasa (Octopus vulgaris). Ketika dikombinasikan dengan kecerdasan gurita yang diketahui, temuan ini memberikan dukungan penting untuk teori bahwa microRNA adalah kunci evolusi kehidupan cerdas, kata peneliti. (Henner Damke/Shutterstock)

Ia juga menambahkan, "Ini selalu menjadi ujian besar untuk hipotesis, bahwa ini tidak spesifik untuk vertebrata. Ini adalah momen besar - kami menemukan rahasia kehidupan kompleks, dan rahasia kehidupan kompleks adalah microRNA."

MicroRNA pertama kali dilaporkan pada tahun 1993 oleh Victor Ambros, seorang profesor di Dartmouth dari tahun 1992-2007 yang sekarang menjadi profesor di University of Massachusetts Medical School. Selama hampir 15 tahun terakhir, Peterson dan kelompok penelitiannya telah mengurutkan gen dari berbagai spesies hewan untuk menghubungkan microRNA dengan perkembangan jaringan yang kompleks dan evolusi otak.

Untuk makalah terbaru, kelompok Peterson bekerja dengan laboratorium koresponden penulis Nikolaus Rajewsky, profesor biologi sistem di MDC, yang memiliki banyak data RNA pada spesies gurita, khususnya gurita biasa (Octopus vulgaris). Peterson dan rekan penulis Peter Chabot, dari Kelas Dartmouth 2022, bekerja melalui data mentah microRNA yang diurutkan dari spesies gurita dan mengidentifikasi urutan spesifik yang baru atau sudah ditemukan pada hewan ini. Pekerjaan mereka memberikan kumpulan data terorganisir dan beranotasi yang penting untuk temuan makalah, kata Chabot.

Baca Juga: Dunia Hewan: Gurita Menyerang Menggunakan Lengan Kedua dari Tengah

 Baca Juga: Artefak Cangkang Siput di Kepulauan Mariana adalah Umpan Gurita Tertua