Buku Terbitan 1979 Meramal Masa Depan, Olimpiade di Bulan Tahun 2020

By Galih Pranata, Jumat, 23 Desember 2022 | 11:00 WIB
The Lunar High Jump setinggi 14 meter, salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade Lunar yang diadakan di bulan. Dalam buku The Usborne Book of the Future (1979) diprediksi akan diselenggarakan tahun 2020. (The Usborne Book of the Future (1979))

Nationalgeographic.co.id—Michael J. Harris, seorang peneliti yang menulis di sejumlah media massa kenamaan, menikmati masa kecilnya dan tumbuh bersama buku bacaannya, berjudul The Usborne Book of the Future.

Buku ini ditulis oleh Kenneth Gatland dan diterbitkan pertama kali pada tahun 1979. Menariknya, buku ini memprediksi dan meramalkan banyak hal menarik di dalamnya. Michael tergugah dengan halaman demi halamannya.

Dengan sub-judul A Trip in Time to the Year 2000 and Beyond, menggugah anak-anak kecil di era 80 hingga 90-an tentang ide gagasan mereka untuk melihat masa depan yang akan terjadi di era milenium 2000-an.

Buku lawas itu benar-benar membuat Michael membayangkan betapa canggih dan luar biasanya kehidupan di masa depan. Salah satu dari bagian dalam buku itu yang menarik perhatian Michael adalah Olimpiade Lunar.

Dalam buku tersebut, Gatland memprediksi akan adanya olimpiade luar angkasa yang akan diselenggarakan di Bulan. Tentunya, untuk masa kecil Michael, betapa canggungnya dan menakjubkannya olimpiade luar angkasa itu.

The Lunar High Jump setinggi 14 meter, salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade Lunar yang diadakan di bulan. Dalam buku The Usborne Book of the Future (1979) diprediksi akan diselenggarakan tahun 2020. (The Usborne Book of the Future (1979))

Sejumlah konsep olimpiade luar angkasa ini diperkenalkan. Shannon Quinn menggambarkan Olimpiade Lunar lewat tulisannya kepada History Collection berjudul These Vintage Ideas of the Future Were Actually Pretty Impressive terbitan 15 Desember 2022.

"Ilustrasinya mencakup beberapa konsep lucu, seperti obor Olimpiade yang dilindungi oleh bola kaca," tulis Shannon.

Selain itu, ada juga cabang olahraga yang dipertandingkan dan menurut Shannon adalah lelucon. Ialah "The Lunar high jump", yaitu lompatan setinggi 14 meter di udara. Betapa jauhnya lompatan itu.

Dalam penggambaran ilustrasi pada bukunya juga digambarkan banyaknya drone beterbangan dengan kata-kata yang bertuliskan "World News" tertulis di sampingnya.

Bagi masa kecil Michael J. Harris, imajinasi tentang kehidupan di masa depan begitu luar biasanya. Barangkali buku gubahan Kenneth Gatland telah mempropaganda fantasi anak-anak kecil di era 1980-an.

Baca Juga: Pesawat Luar Angkasa Orion NASA Sedang dalam Perjalanan Menuju Bulan