Eksperimen Terbaru: Planet Mars Tidak Memiliki Oksigen di Masa Lalunya

By Wawan Setiawan, Minggu, 25 Desember 2022 | 16:00 WIB
Swapoto berdebu dari penjelajah Planet Mars, Curiosity. (JPL/NASA)

Nationalgeographic.co.id - Ketika penjelajah Mars NASA menemukan oksida mangan di bebatuan di kawah Gale dan Endeavour di planet Mars pada tahun 2014, penemuan tersebut memicu beberapa ilmuwan untuk menyatakan bahwa planet merah itu mungkin pernah memiliki lebih banyak oksigen di atmosfernya miliaran tahun yang lalu.

Mineral tersebut mungkin membutuhkan air yang melimpah dan kondisi oksidasi yang kuat untuk terbentuk, kata para ilmuwan. Dengan menggunakan pelajaran dari catatan geologis Bumi, para ilmuwan menyimpulkan bahwa keberadaan oksida mangan menunjukkan bahwa Mars telah mengalami peningkatan oksigen atmosfer secara berkala di masa lalu—sebelum menurun ke tingkat rendah saat ini.

Akan tetapi, studi eksperimental baru dari Universitas Washington di St. Louis justru membalikkan pandangan ini.

Para ilmuwan menemukan bahwa dalam kondisi seperti Mars, oksida mangan dapat dengan mudah terbentuk tanpa oksigen di atmosfer. Dengan menggunakan pemodelan kinetik, para ilmuwan juga menunjukkan bahwa oksidasi mangan tidak mungkin terjadi di atmosfer kaya karbon dioksida yang diperkirakan ada di Mars kuno.

“Hubungan antara oksida mangan dan oksigen mengalami serangkaian masalah geokimia mendasar,” kata Jeffrey Catalano, seorang profesor ilmu bumi dan planet di Arts & Sciences dan penulis korespondensi studi yang hasilnya diterbitkan 22 Desember di jurnal Nature Geoscience. Catalano adalah staf pengajar di McDonnell Center for the Space Sciences.

Penulis pertama dari studi ini adalah Kaushik Mitra, sekarang research associate pascadoktoral di Universitas Stony Brook. Ia menyelesaikan pekerjaan ini sebagai bagian dari penelitian pascasarjana di Universitas Washington.

Baca Juga: Robot Penjelajah NASA Perseverence Merekam Suara Setan Debu Mars

Baca Juga: Di Planet Mars Ternyata Juga Ada Sampah, Sebuah Temuan Tak Terduga

Baca Juga: Letusan Gunung Berapi Eksplosif Menghasilkan Mineral Langka di Mars 

Planet Mars adalah planet yang kaya akan unsur halogen klorin dan brom dibandingkan dengan Bumi. "Halogen terjadi di Mars dalam bentuk yang berbeda dari di Bumi, dan dalam jumlah yang jauh lebih besar, dan kami menduga halogen itu penting bagi nasib mangan," kata Catalano.

Catalano dan Mitra melakukan eksperimen laboratorium menggunakan klorat dan bromat—bentuk dominan dari unsur-unsur ini di Mars—untuk mengoksidasi mangan dalam sampel air yang mereka buat untuk mereplikasi cairan di permukaan Mars di masa lampau.

Penjelajah Curiosity menghabiskan sebagian besar tahun Bumi pertamanya di planet Mars di cekungan luas dan dangkal yang disebut Yellowknife Bay. Penjelajah mengebor lubang dan mengambil sampel batu lumpur dataran rendah, yang terbentuk dari danau purba dan sedimen sungai. (NASA/JPL-Caltech)