Sejarah Zodiak Aquarius, Terselip Romansa Zeus dan Kekasih Prianya

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 27 Desember 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi zodiak Aquarius. (Sidney Hall)

 

Nationalgeographic.co.id—Aquarius adalah tanda zodiak kesebelas dan mewakili mereka yang lahir antara 20 Januari hingga 18 Februari. Tanda ini selalu berhubungan dengan air dan sering disebut The Water Bearer. Faktanya, simbol Aquarius adalah seorang pemuda yang menuangkan air dari kendi. 

Mitologi Di Balik Aquarius

Mitos seputar hewan Aquarius berkaitan dengan kisah Ganymede, yang merupakan harga muda yang konon dianggap sebagai pria paling tampan di Troy. Suatu hari, ketika Ganymede berada di Gunung Ida merawat domba ayahnya ketika Zeus memperhatikannya. 

Zeus mengubah dirinya menjadi elang besar dan terbang ke Gunung Ida dari Gunung Olympus. Dia mencengkeram Ganymede dengan cakarnya dan membawanya kembali ke Olympus untuk menjadi pelayan dan kekasih pria mudanya.

Mitos Yunani di balik tanda Zodiak Aquarius. Ganymede dan Zeus sebagai elang. (John Woodrow Kellwey)

Umumnya, dengan jenis hubungan ini, anggota yang lebih muda dibimbing oleh anggota yang lebih tua. Namun, Anda harus ingat bahwa ini adalah Zeus, dan dia bisa mendapatkan apapun yang diinginkan. Jadi, dia menjadikan Ganymede sebagai juru minuman para dewa – membuatnya membawakan minuman Zeus kapan pun dia memintanya. 

Ganymede pada dasarnya adalah budak pribadi Zeus, jadi Zeus menawarkan ayah Ganymede beberapa kuda terbaik di negeri itu sebagai pembayaran untuk mengambil putranya. Gerakan ini memuaskan sang ayah, dan Ganymede melanjutkan menjadi budak Zeus.

Namun, tiba suatu hari ketika Ganymede merasa bahwa dia sudah cukup ditangani dan sampai pada kesimpulan bahwa dia akan mencurahkan semua air, ambrosia, dan anggur para dewa. Ini adalah caranya menolak menjadi juru minuman Zeus lebih lama lagi. Legenda menyatakan bahwa semua air jatuh ke Bumi, menyebabkan hujan deras selama berhari-hari, yang menyebabkan banjir besar yang melanda dunia.

Awalnya, Zeus sangat marah dan ingin mengejar Ganymede. Namun, setelah Zeus melakukan refleksi diri sejenak, dia memutuskan bahwa dia tidak baik terhadap Ganymede. Sebagai imbalan atas perlakuan kasarnya, Zeus mengabadikannya sebagai konstelasi Aquarius, yang menggambarkan seorang anak laki-laki dengan kendi.

Konstelasi Aquarius

Konstelasi Aquarius sering disebut sebagai Pembawa Air, dinamai dari legenda Ganymede. Berbatasan dengan Delphinus, Pegasus, Equuleus di utara, di barat berbatasan dengan Aquila, Capricornus di barat daya, dan Pisces di timur laut. Ini adalah salah satu rasi bintang yang paling dikenal dan merupakan salah satu dari 88 rasi bintang yang diakui oleh International Astronomical Union (IAU).

Aquarius adalah salah satu rasi bintang tertua yang diakui dalam zodiak, yang merupakan jalur yang ditempuh matahari melalui langit. Itu ditemukan di wilayah langit yang disebut laut karena banyaknya konstelasi air - seperti Eridanus, Pisces, Cetus, dan banyak lagi. Kadang-kadang, sungai Eridanus digambarkan mengalir dari kuali air Aquarius.