Paleontolog Menemukan Fosil Kodok Era Dinosaurus di Sao Paolo, Brasil

By Ricky Jenihansen, Jumat, 30 Desember 2022 | 10:00 WIB
Rekonstruksi kehidupan Baurubatrachus santosdoroi.. (Lautaro R. Blanco)

Nationalgeographic.co.id - Spesies baru kodok era dinosaurus telah diidentifikasi para ahli paleontologi. Fosil kodok yang telah punah tersebut ditemukan di negara bagian Sao Paolo Brasil.

Penemuan tersebut telah dijelaskan di jurnal Ameghiniana belum lama ini dengan judul "A New Species of Baurubatrachus (Anura, Neobatrachia) from the Late Cretaceous Adamantina Formation of Brazil Furnishes Evidence on the Diversity of this Bizarre Genus."

Secara ilmiah, spesies baru itu dinamakan Baurubatrachus santosdoroi, anggota genus Baurubatrachus, yaitu genus kodok prasejarah yang telah punah di subordo Neobatrachia dari superfamili Hyloidea.

"Kami melaporkan sisa-sisa anuran (nama ilmiah kodok) baru yang ditemukan dari strata yang dirujuk ke Formasi Adamantina (Kapur Atas) yang muncul di dekat kota Catanduva, São Paulo, Brasil," tulis peneliti.

"Sisa-sisa tersebut mewakili dua individu, salah satunya memiliki serangkaian karakteristik aneh, baik kranial maupun postkranial, yang memungkinkan kami untuk menetapkan mereka ke genus Baurubatrachus yang sudah dikenal."

Baurubatrachus adalah genus katak prasejarahditemukan di Formasi Maastrichtian Marília di Brasil, yang sebelumnya dianggap berkerabat dengankeluarga Ceratophryidae yang masih ada.

Namun, penilaian rinci tentang anatomi dan hubungan fosil tunggal Baurubatrachus yang diketahui menunjukkan bahwa itu bukan bagian dari Ceratophryidae dan mungkin menjadi bagian dari kelompok Neobatrachia yang jauh lebih kuno .

Amfibi ini hidup di tempat yang sekarang disebut Brasil selama zaman Maastrichtian pada zaman Kapur Akhir, antara 72 dan 66 juta tahun yang lalu.

Mereka hidup berdampingan dengan siput purba, ikan, kura-kura, buaya, dinosaurus, dan kodok lainnya.

Baurubatrachus santosdoroi hidup di tempat yang sekarang disebut Brasil selama zaman Maastrichtian pada zaman Kapur Akhir. (Luke Dickey)

“Sampai saat ini, genus Baurubatrachus hanya diwakili oleh holotipe Baurubatrachus pricei, yang ditemukan dari Formasi Serra da Galga Kapur Akhir (yang lebih muda dari Formasi Adamantina), dekat Peirópolis di negara bagian Minas Gerais, Brasil,” kata Paula Muzzopappa, ahli paleontologi dari Universidad Maimónides dan CONICET, dan rekan-rekannya.

Spesies yang baru diidentifikasi, Baurubatrachus santosdoroi, hidup beberapa juta tahun lebih awal dari Baurubatrachus pricei.