Dunia Hewan: Penjelasan Sains Mengapa Kucing Menyukai Kardus?

By Ricky Jenihansen, Kamis, 29 Desember 2022 | 12:00 WIB
Kucing sangat menyukai kardus atau kotak sejenis. (Dennis Gross / EyeEm)

Nationalgeographic.co.id—Kita semua tahu kalau kucing sangat menyukai kardus, atau kotak atau ruang sempit yang mereka temukan. Tapi mengapa mereka menyukai kardus telah menarik perhatian banyak ilmuan untuk memahaminya. Jadi mengapa teman kucing kita melakukan ini? Mengapa kucing sangat menyukai kardus?

Gabriella Smith, ilmuan dalam kognisi hewan komparatif di University of Veterinary Medicine di Wina mengatakan, perilaku tersebut sebenarnya berasal dari hasrat hewani yang sederhana.

"Yang kami tahu adalah bahwa itu adalah bentuk kenyamanan," kata Smith kepada Live Science. "Ini masuk akal dari sudut pandang evolusi. Tekanan dari samping memang menenangkan."

Rasa nyaman ini sangat penting dalam situasi stres, seperti saat kucing jalanan dibawa masuk untuk pertama kalinya.

Dalam makalah yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One, ilmuwan Belanda mencatat bahwa kemampuan bersembunyi sangat penting dalam menurunkan tingkat stres kucing yang baru saja tiba di penampungan hewan.

Para peneliti mengukur tingkat stres kucing menggunakan Cat-Stress-Score non-invasif, yang menilai tingkat stres pada kucing berdasarkan postur, perilaku vokal, dan tingkat aktivitas mereka.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa ketika kucing kehilangan tempat berlindung, mereka akan membalik kotak kotorannya untuk bersembunyi di bawahnya.

Menurut para ilmuwan, kecintaan kucing pada kardus atau kotak sejenis melampaui struktur tiga dimensi. Pada tahun 2021, Smith mempelopori makalah sains warga, artinya dia meminta publik (dan kucing mereka) untuk berkontribusi dalam percobaan tersebut.

Kucing bersembunyi dalam kardus. (ALFSnaiper)

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Applied Animal Behavior Science, mengeksplorasi apakah kucing akan duduk di dalam kontur Kanizsa, persegi panjang yang dibuat dari sudut yang ditempel di lantai.

Tidak seperti kotak, kontur Kanizsa tidak memiliki dinding, menjadikannya dua dimensi. "Eksperimen 2D, khususnya, melihat ke dalam kognisi visual dan persepsi perbatasan," katanya. Dengan kata lain, kucing sangat menyukai kotak, mereka bahkan akan duduk di kotak 2D palsu.

Jadi, bagaimana perilaku ini menguntungkan kucing? Satu teori adalah bahwa itu membantu mereka menghindari situasi berbahaya.