Kisah Zeus Memberi Manusia Hujan, Ingatkan Agar Berdoa Hanya Pada Dewa

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 29 Desember 2022 | 11:00 WIB
Zeus, dewa langit di mitologi Yunani. (Mythopedia)

Nationalgeographic.co.id—Dewa langit Yunani adalah Zeus. Sebagai dewa langit Yunani, Zeus bertanggung jawab atas petir, guntur, awan, dan hujan. Sebagian besar cerita mitologi Yunani menggambarkan Zeus menggunakan petirnya, tetapi satu mitos, khususnya, memberi tahu kita bagaimana Zeus memberi manusia hujan.

Zeus Menjadi Dewa Langit

Setelah perang antara para Olympian dan para Titan, para pemenang Olympian harus memutuskan siapa di antara mereka yang akan menjadi dewa langit, dewa laut, dan dewa dunia bawah.

Dalam kebijaksanaan, keadilan, dan mediasi yang akan terlihat sepanjang hidupnya, Zeus mengusulkan agar dia dan saudara-saudaranya Poseidon dan Hades menarik undian untuk menentukan wilayah mana yang akan dikuasai masing-masing. Zeus menggambar langit, Poseidon menggambar lautan, dan Hades menggambar dunia bawah.

Zeus Memberikan Hujan Fana

Dilansir Theoi, sebagai dewa langit Yunani, Zeus dapat mengendalikan cuaca. Meskipun dia sering menggunakan petir dan halilintarnya untuk memberi tahu mereka bahwa dia tidak senang dengan sesuatu yang telah mereka lakukan.

Setelah perang dengan para Titan dan Zeus menjadi dewa langit, manusia perlahan berhenti berdoa kepada para dewa. Manusia merasa seperti mereka memiliki semua yang dibutuhkan dan tidak perlu berdoa kepada dewa untuk apa pun.

Akhirnya, Zeus memutuskan bahwa manusia perlu mengingat untuk berdoa kepada para dewa dan tidak menerima hal-hal yang mereka miliki di bumi begitu saja, makanan menjadi salah satunya.

Untuk membujuk manusia untuk berdoa kepada para dewa, Zeus mengambil hujan yang memungkinkan tumbuhan tumbuh hingga mengakibatkan kelaparan. Pada awalnya, manusia tidak menyadari bahwa ada kekurangan makanan karena tersedia banyak makanan sebelum kelaparan dimulai. Setelah beberapa saat, makanan habis, dan manusia mulai berdoa. Karena doa mereka, Zeus memberikan hujan kepada manusia untuk memulihkan panen mereka.

Manusia Membutuhkan Tanda Saat Hujan Akan Datang

Titan Prometheus bertanggung jawab untuk membuat manusia, jadi dia sangat dekat dengan mereka. Kapan saja dia bisa membantu manusia, Prometheus akan melakukannya, dan ini termasuk memberi tahu mereka kapan hujan akan datang.

Baca Juga: Sejarah Zodiak Aquarius, Terselip Romansa Zeus dan Kekasih Prianya