Bias Gender Menghalangi Laki-Laki pada Beberapa Jalur Karier

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 31 Desember 2022 | 10:00 WIB
Laki-laki cenderung menghindari karier di bidang pendidikan usia dini (PAUD) karena ada bias gender. (iStock)

Nationalgeographic.co.id - Penelitian dengan 296 peserta daring di Amerika Serikat mengungkapkan adanya bias gender yang dapat menghalangi laki-laki pada beberapa jalur karier. Laki-laki cenderung menghindari beberapa jalur karier yang secara tradisional diasosiasikan dengan perempuan karena bias gender laki-laki di bidang tersebut.

Bias terhadap laki-laki dalam bidang pelayanan kesehatan, pendidikan dini, dan rumah tangga (HEED) telah didokumentasikan dalam penelitian sebelumnya. Sementara pada penelitian ini, mendokumentasikan bahwa karier di pendidikan awal dan beberapa bidang lain juga cenderung dihindari laki-laki.

Studi saat ini juga berusaha untuk mengukur dampak dari bias tersebut. Temuan mereka telah dipublikasikan di Journal of Experimental Psychology: Applied dengan judul "Gender equality eliminates gender gaps in engagement with female-stereotypic domains."

Pada penelitian ini, terungkap bahwa para pendidik lebih memilih pelamar guru sekolah dasar perempuan daripada pelamar laki-laki dengan kualifikasi yang sama. Kelompok lain membaca artikel yang menyatakan adanya kesetaraan gender pada pendidikan dasar usia dini, dan ada kelompok kontrol yang tidak membaca artikel apapun.

Laki-laki dalam kelompok yang membaca tentang bias gender laki-laki mengantisipasi lebih banyak diskriminasi di pendidikan dasar dan merasa kurang memiliki, kurang positif, dan kurang tertarik mengejar karir di bidang itu.

Peserta wanita tidak terpengaruh dan melaporkan tanggapan serupa di seluruh kelompok yang berbeda. Eksperimen dengan 275 siswa di Skidmore College memiliki temuan serupa.

Sementara bias gender perempuan dalam bidang STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika) telah mendapat banyak perhatian publik, bias gender laki-laki dalam karir HEED sebagian besar telah diabaikan.

Perawat laki-laki melaporkan tingkat intimidasi di tempat kerja yang lebih tinggi daripada perawat perempuan. (Ross Shire)

"Meskipun itu juga memiliki dampak negatif," kata ketua peneliti Corinne Moss-Racusin, seorang profesor psikologi di Skidmore College.

"Ini merugikan masyarakat jika kita terus menempatkan orang ke dalam peran gender dan tetap berada di jalur karier yang dipisahkan berdasarkan gender, terlepas dari apakah pekerjaan itu secara tradisional dikaitkan dengan perempuan atau laki-laki," katanya.

Baca Juga: Algoritma Internet Kita Ternyata Punya Bias dalam Kesetaraan Gender

Baca Juga: Adanya Bias Mengerikan Membuat Kita Meremehkan Rasa Sakit Orang Miskin