Benarkah Makanan Hewan Peliharaan Aman Dimakan oleh Manusia?

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 31 Desember 2022 | 14:00 WIB
Makanan hewan peliharaan tidak dibuat untuk konsumsi manusia. (Eva Blanco )

Nationalgeographic.co.id – Memberi potongan makanan kita kepada hewan adalah hal yang normal. Namun, apakah sebaliknya aman? Bisakah manusia memakan makanan hewan dengan aman? Apakah ada kemungkinan itu bisa membunuhmu?

Jawaban singkatnya adalah makanan hewan bisa berbahaya bagi manusia jika terkontaminasi, menurut Dana Hunnes, asisten profesor di Fielding School of Public Health di University of California, Los Angeles (UCLA).

Patogen bawaan makanan seperti Salmonella dan E. coli berdampak pada makanan hewan peliharaan, seperti halnya makanan manusia. Itulah mengapa penting untuk mengikuti pedoman penyimpanan makanan hewan peliharaan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat merekomendasikan untuk menyimpan makanan hewan kering dan kalengan di tempat yang sejuk dan kering dengan suhu tidak lebih dari 80 derajat Fahrenheit (26,6 derajat celcius).

Akan tetapi karena kita sering tidak hati-hati menyimpan makanan hewan seperti kita menyimpan makanan kita sendiri, memakan makanan hewan peliharaan Anda dapat menimbulkan risiko kontaminasi yang lebih besar, menurut Dr. Beth Ann Ditkoff, anggota fakultas biologi di Sarah Lawrence College di New York seperti dilansir Vice.

Selama bertahun-tahun, FDA telah mengeluarkan banyak penarikan kembali dan penarikan terkait makanan hewan, termasuk potensi kontaminasi Salmonella dari aktivitas hewan pengerat di pusat distribusi pada tahun 2022 dan makanan anjing dengan kadar aflatoksin yang meningkat, atau racun yang dihasilkan oleh makanan tertentu. jamur yang ditemukan pada tanaman pertanian, pada tahun 2021.

Namun makanan hewan peliharaan yang tidak terkontaminasi aman, setidaknya dalam jangka pendek, kata Hunnes. Sebagian besar makanan hewan terdiri dari sisa makanan dan produk sampingan. Bagian seperti tepung tulang, sisa daging dan jeroan (seperti perut, usus besar atau lidah) dari rumah pemotongan hewan, atau produk sampingan kedelai dan biji-bijian dari pabrik pengolahan adalah komponen utama makanan hewan peliharaan.

Meskipun bahan-bahan ini mungkin tidak terlalu menggugah selera, makanan hewan berasal dari sumber yang sama dengan makanan manusia.

"Tidak beracun dan aman untuk dicoba jika Anda ingin tahu atau bahkan memutuskan untuk memakannya dalam keadaan kekurangan makanan darurat," kata Hunnes.

Namun, jika menyangkut beberapa makanan hewani mentah, Anda harus menghindarinya. Itu bukan ide yang bagus untuk manusia. Yang terbaik adalah membatasi konsumsi makanan hewan peliharaan dalam waktu singkat—idealnya tidak lebih dari beberapa hari. Dalam keadaan darurat, makanan hewan menawarkan sumber kalori dan protein. Namun penting untuk diingat bahwa makanan hewan disesuaikan dengan kebutuhan unik hewan peliharaan, bukan manusia.

Baca Juga: Dunia Hewan: Air Liur Kutu Dapat Melemahkan Respons Kekebalan Kulit

Baca Juga: Dunia Hewan: Apakah Aman Kucing dan Anjing Diberi Makan Sayuran?