Asclepius, Dewa Pengobatan Yunani Bisa Bangkitkan Orang Mati

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 2 Januari 2023 | 07:00 WIB
Asclepius adalah dewa Yunani yang kurang dikenal dengan karunia penyembuhan yang luar biasa. Hadiahnya begitu istimewa, bahkan mengancam para dewa yang memimpin hidup dan mati. Pada akhirnya, Zeus memukulnya dengan petir untuk menghentikannya membawa orang kembali dari kematian. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id—Asclepius adalah dewa pengobatan Yunani kuno, yang merupakan putra Apollo. Asclepius mewakili aspek penyembuhan dari seni medis. Dia juga merupakan personifikasi dari dokter yang ideal, dewa pengobatan dan penyembuhan, sekaligus memiliki kekuatan untuk membangkitkan orang dari kematian.

Dilansir Theoi.com, Asclepius adalah putra dewa Olympian Apollo dan Coronis yang fana, dan dia dianggap sebagai salah satu dewa Yunani termuda dalam mitologi. Istrinya adalah dewi penyembuhan, namanya Epione, dan bersama-sama mereka memiliki sejumlah anak: Hygea, dewi sanitasi, kebersihan, dan kesehatan; Laso, dewi pemulihan dari penyakit; Aegle, dewi cahaya dan kesehatan yang baik; Panacea, dewi obat universal.

Kekuatan Asclepius Bangkitkan Orang Mati

Asclepius dan Chiron dalam mitologi Yunani. (Hub Pages)

Asclepius hampir tidak bisa lolos dari kematian ketika dia lahir: ibunya meninggal saat melahirkannya, tetapi dia diselamatkan oleh Apollo yang mengeluarkannya dari rahim ibunya dan membawanya ke centaur - setengah kuda dan setengah manusia yang merupakan makhluk mitos untuk mengajarinya belajar kedokteran. Centaur, Chiron, mengikuti arahan Apollo dan Asclepius tumbuh dengan pengetahuan yang luas tentang pengobatan, penyembuhan – jauh lebih hebat daripada Apollo atau Chiron.

Dia menjadi sangat kuat sehingga mampu menyembuhkan semua manusia, termasuk manusia yang sekarat, dan bahkan bisa menghidupkan mereka kembali setelah mati. Beberapa legenda menyatakan bahwa Athena, dewi kebijaksanaan, memberi Asclepius darah Medusa, dan dengan darah ini , dia menemukan cara untuk membangkitkan orang. Orang-orang mencintainya dan memanggilnya pahlawan. Akhirnya, dewa lain memperhatikan hal ini, dan banyak dari mereka tidak menyetujuinya.

Ada satu titik dalam hidupnya ketika Asclepius menyembuhkan seekor ular, yang pada gilirannya mengajarinya rahasia pengetahuan – ingat bahwa ular dianggap sebagai makhluk ilahi yang bijaksana dan memiliki kemampuan untuk menyembuhkan. Belakangan, Asclepius akan membawa tongkat yang dililit ular, yang kemudian dikaitkan dengan penyembuhan.

Ada versi mitologi yang menyatakan bahwa ketika Asclepius diperintahkan untuk menghidupkan kembali Glaucus, dia terjebak di penjara rahasia. Saat dia duduk di penjara memikirkan apa yang harus dia lakukan, seekor ular merayap di dekat tongkatnya. Tanpa sadar, dia membunuh ular itu dengan memukulnya berulang kali dengan tongkatnya. Kemudian, ular lain muncul dengan ramuan di mulutnya dan meletakkannya di atas kepala ular mati, yang kemudian hidup kembali. Melihat ini, dia menggunakan ramuan yang sama dan membawa kembali Glaucus.

Kematian Asclepius

Asclepius juga belajar pengobatan dari seekor ular. (The Collector)

Suatu ketika Asclepius mulai menghidupkan kembali orang-orang dari kematian, misalnya Tyndareus, Glaucus, Capaneus, Hymenaeus, dan lain-lain. Beberapa sumber mengatakan bahwa dia bahkan membawa kembali Hippolytus dari kematian sesuai permintaan Artemis dan menerima emas untuk tindakan tersebut.

Namun, Hades tidak senang dengan ini dan menuduh Asclepius mencuri rakyatnya. Ini karena semakin sedikit orang yang sekarat karena Asclepius menyembuhkan mereka, yang berarti semakin sedikit jiwa yang diterima di Dunia Bawah.