Penemuan Tumpukan Koin Perak dari Pemberontakan Bangsa Yahudi

By Ricky Jenihansen, Rabu, 4 Januari 2023 | 15:00 WIB
Kotak kayu berusia 2.200 tahun beserta isinya. (Dafna Gazit)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi melaporkan telah menemukan tumpukan koin perak dari pemberontakan bangsa Yahudi sekitar tahun 160 SM yang dikenal dengan pemberontakan Makabe. Mereka menemukan tumpukan koin tersebut di Gua Muraba'at di Cagar Alam Darageh Stream.

Timbunan itu berada di dalam kotak kayu dan berisi 15 koin perak tetradrachma dari masa pemerintahan Antiochos IV Epiphanes, seorang raja Helenistik yang memerintah Kekaisaran Seleukia, termasuk Yudea, dari tahun 175 SM hingga 164 SM.

Timbunan koin yang ditemukan di Gua Muraba'at di Cagar Alam Aliran Darageh tersebut berusia 2.200 tahun, menurut para ahli. “Ketika tutupnya dibuka, ternyata bagian atas kotak itu penuh dengan tanah yang dipadatkan dan batu-batu kecil,” kata arkeolog IAA.

“Di bawah lapisan bumi ini, ditemukan sepotong besar kain wol ungu, menutupi 15 koin perak yang disusun dengan potongan-potongan wol domba di bagian bawah kotak.”

Koin tetradrachma di timbunan itu dicetak oleh Ptolemy VI, seorang raja Makedonia yang memerintah Mesir pada saat yang sama dengan pamannya Antiochos IV Epiphanes memerintah Kerajaan Seleukus.

Koin paling awal dicetak pada 176/5 SM, dan yang terbaru bertanggal 171/0 SM. Nama 'Shalmai' dalam aksara Aram ditorehkan pada salah satu koin.

Berdasarkan tanggal koin termuda, 170 SM, tahun ketika tembolok disembunyikan dapat ditetapkan ke awal Pemberontakan Makabe.

“Menarik untuk mencoba memvisualisasikan orang yang melarikan diri ke gua dan menyembunyikan harta pribadinya di sini berniat untuk kembali mengambilnya,” kata pakar IAA Eitan Klein dan Gabriela Bijovsky.

"Orang itu mungkin terbunuh dalam pertempuran, dan dia tidak kembali untuk mengambil harta miliknya, yang menunggu hampir 2.200 tahun sampai kami mengambilnya kembali."

Koin tetradrachma perak berusia 2.200 tahun ditemukan Gua Muraba'at. (Shai Halevi)

“Penemuan unik ini menghadirkan bukti arkeologi pertama yang jelas bahwa gua-gua Gurun Yudea memainkan peran aktif sebagai tahap kegiatan para pemberontak Yahudi atau para buronan pada masa-masa awal Pemberontakan Makabe atau peristiwa-peristiwa yang mengarah ke mereka.”

“Buku Makabe menggambarkan peristiwa dramatis pada zaman yang akan membuat orang menyembunyikan harta benda mereka di Gurun Yudea sampai bahaya berlalu,” Klein menambahkan.