Hephaestus, Dewa Pandai Besi Diusir dari Olympus Akibat Jelek

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 4 Januari 2023 | 11:00 WIB
Hephaestus sangat terampil dalam menempa senjata dan baju besi yang mulia, tetapi tidak begitu ahli dalam menjalin persahabatan. Dari semua dewa mitologi Yunani kuno, Hephaestus sering ditolak. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id—Hephaestus adalah dewa api, pengerjaan logam, pandai besi, penempaan, dan batu dalam mitologi Yunani kuno. Hephaestus lahir di Olympus dari Hera tetapi diusir dari kota akibat fisiknya yang tidak sempurna.

Salah satu mitos menyatakan bahwa Hephaestus telah menjadikan ibunya, Hera, sebuah singgasana atau tahta untuk dia duduki. Namun ketika duduk di atas singgasana, Hephaestus tidak dapat berdiri. Oleh karena itu, Zeus memerintahkan Hephaestus untuk menikahi Aphrodite, dewi tercantik, sebagai imbalan melepaskan Hera dari tahta.

Dilansir Theoi.com, terdapat mitos lain yang menyatakan bahwa Zeus memerintahkan Aphrodite untuk menikahi Hephaestus untuk mencegah perang antar dewa. Karena Aphrodite adalah dewi cinta, dia adalah dewi yang paling cantik dan diinginkan di antara para dewa. Perintah Hephaestus untuk menikahi Aphrodite ini pun diyakini akan menjaga perdamaian di antara para dewa.

Siapakah Hephaestus?

Penampilan Hephaestus tidak enak dilihat dan memiliki kelainan bentuk yang membuatnya lumpuh. Hephaestus digambarkan sebagai pria yang tidak menarik dengan janggut yang tidak terawat, kaki cacat, dan memegang alat kerajinan. Kaki Hephaestus juga dapat diputar menghadap ke belakang untuk menandakan kelainan bentuknya. 

Jika Hephaestus digambarkan di atas vas atau relik, dia akan membungkuk di atas landasan yang menciptakan sesuatu dari api.

Hubungan antara pengerjaan logam dan penampilan jelek Hephaestus telah berkembang menjadi korelasi zaman modern. Paparan yang terlalu lama terhadap api, pengerjaan logam, dan pandai besi adalah simbol dari masalah kulit yang dapat berasal dari paparan sinar matahari dan panas yang berlebihan.

Ada dua mitos yang menjelaskan penyebab kelainan bentuk Hephaestus. Satu mitos menjelaskan bahwa Hephaestus lahir dengan kelainan bentuk, sementara mitos lain menunjukkan bahwa Hephaestus terluka di kakinya ketika dia terlempar dari Olympus dan mendarat di bumi.

Dipandang sebelah mata akibat fisiknya, dia pun diusir dari Olympus. Namun tak berselang lama, Hephaestus kembali ke Olympus dengan bertindak sebagai mediator antara Zeus dan Hera, serta memamerkan karya logamnya sebagai hadiah yang dapat dia berikan kepada umat manusia dan para dewa. Hephaestus adalah dewa yang lembut dan damai yang menjaga ternak Geryon sementara Hercules mencari banteng yang hilang. Nama Romawi Hephaestus adalah Vulcan, yang berasal dari Volcano. 

Menikahi Aphrodite Akibat Utusan Zeus

Zeus memerintahkan Aphrodite untuk menikahi Hephaestus. Aphrodite tidak setia pada Hephaestus yang tidak menarik dalam banyak kesempatan. Hal tersebut lah yang membuat Aphrodite menjalin cinta dengan Ares, dewa perang. Perselingkuhan itu kemudian diketahui Hephaestus melalui Helios, dewa matahari.

Hephaestus menggunakan keahliannya untuk membuat jaring rantai yang tidak bisa dipecahkan untuk menangkap mereka telanjang di tempat tidur dan membawanya untuk dipajang di Gunung Olympus. Kendati demikian, pernikahan Aphrodite dan Hephaestus memiliki keturunan yaitu Eukela, Eupheme, Euthenia, dan Philophrosyne.