Centaur, Makhluk Setengah Manusia dan Kuda Punya Hobi Memperkosa

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 2 Januari 2023 | 16:00 WIB
Centaur, makhluk mitologi yunani setengah manusia dan kuda. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id—Centaur dalam Mitologi Yunani adalah makhluk setengah manusia setengah kuda yang hidup di hutan daratan Yunani. Orang Yunani menggunakan mereka sebagai simbol untuk mewakili orang barbar. Tetapi dalam kasus Chiron, Centaur dikenal sebagai makhluk yang sabar, cerdas dan bijaksana.

Centaur dalam Mitologi Yunani Kuno

Dikutip The Collector, Centaur bertarung menggunakan dahan pohon dan melempar batu atau, lebih jarang, dengan busur. Awalnya berasal dari kisah Ixion jatuh cinta dengan Hera, istri Zeus. Kemudian, Zeus membuat awan (Nephele) mengambil wujud Hera untuk mengungkap nafsu Ixion terhadap istrinya. Ixion jatuh ke dalam perangkap dan dikawinkan dengan Nephele. Dari persatuan mereka, lahirlah Centaurus. Pada gilirannya, Centaurus kawin dengan kuda betina Magnesian, dan lahirlah ras makhluk setengah manusia setengah kuda.

Para centaur umumnya kejam, lebih dekat dengan barbarisme daripada peradaban. Mereka menjarah, memperkosa, dan menyukai kekerasan. Mereka tinggal di hutan sekitar Gunung Pelion di Thessaly. Beberapa lainnya tinggal di Arcadia atau bahkan Epirus, sementara centaur bertanduk banteng dikatakan tinggal di Siprus.

Kisah mereka yang paling terkenal dalam Mitologi Yunani adalah Centauromachy. Dalam mitos ini, raja Pirithous dari Lapith mengundang para centaur untuk menghadiri pernikahannya dengan Hippodamia. Para centaur mabuk, menyerang para tamu, dan berusaha membawa Hippodamia bersama mereka. Dalam pertarungan yang terjadi kemudian, Lapith menerima bantuan dari pahlawan Theseus dan mengalahkan ancaman tersebut.

Centaur bukan satu-satunya makhluk gabungan dalam seni Yunani. Satyr, Gorgon, Sphinx, dan banyak lagi lainnya adalah makhluk yang terlalu majemuk; bagian manusia, bagian hewan.

Patung centaur keramik dari Lefkandi adalah salah satu artefak yang paling dikenal dari Zaman Besi Awal Yunani. Tapi bisakah itu diidentifikasi sebagai salah satu penggambaran Chiron paling awal, guru mitos para pahlawan? (Public domain)

Seperti hampir setiap peradaban lainnya, orang Yunani memiliki mitologi mereka sendiri, yang memasukkan unsur-unsur di luar dunia nyata. Melalui fantasi, orang Yunani berusaha untuk memahami dan menjelaskan alam dengan menjelajahi dan melampaui batasnya.

Sebelum dunia Yunani muncul, gambar makhluk komposit seperti centaur sudah ada. Setidaknya ada satu gambar centaur dari Zaman Perunggu Ugarit. Namun, kepastian bahwa ini sebenarnya gambar centaur masih diperdebatkan. Makhluk gabungan lainnya juga telah diidentifikasi dalam seni peradaban Mycenean dan Minoan yang berkembang di Laut Aegea selama Zaman Perunggu.

Zaman Kegelapan Yunani: Centaur Lefkandi

Centaur dari Lefkandi dianggap sebagai centaur lengkap pertama dalam seni Yunani. Tapi apa artinya lengkap? Meskipun gagasan hibrida manusia-kuda bukanlah penemuan Yunani, gagasan centaur sebagai makhluk dengan kepala dan tubuh bagian atas manusia dan tubuh kuda adalah inspirasi Yunani.

Baca Juga: Inilah Ares, Dewa Perang Penuh Nafsu yang Dibenci Para Dewa Yunani