Inilah Penampakan Zippalanda, Kota Turki Kuno yang Menghilang

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 3 Januari 2023 | 13:00 WIB
Pemandangan udara dari penggalian Uşaklı Höyük. Di tengah bawah, struktur melingkar, petunjuk lebih lanjut, kota suci Zippaland, ditemukan selama kampanye penggalian tahun 2022. (Emanuele Taccola)

Nationalgeographic.co.id—Kota suci Zippalanda adalah tempat penting di mana dewa badai Het disembah, tetapi situs suci ini tidak pernah ditemukan. Namun, ketika tim arkeolog dari Universitas Pisa dan Misi Arkeologi Turki menjelajahi jantung dataran tinggi Anatolia belum lama ini, mereka menemukan konstruksi era Het berbentuk lingkaran yang misterius.

Penemuan baru di situs Uşaklı Höyüy menunjukkan bahwa ini adalah kota suci kuno yang hilang, Zippalanda. Dalam Teks Het berusia 4.000 tahun disebutkan tentang pusat pemujaan Zippalanda yang hilang, di suatu tempat di Turki modern. 

Dilansir Ancient Origins, Antara abad ke-15 dan ke-13 SM, Kekaisaran Het mendominasi Anatolia kuno (Turki modern), Levant utara, dan Mesopotamia Atas. Jantung administratif dan suci Kekaisaran Anatolia Lama adalah kota Hattusa, di Anatolia tengah-utara. Pada tahun 1834, teks Bogazkoy ditemukan di arsip kerajaan dan perpustakaan Hattusa yang terdiri dari sekitar 25.000 tablet yang berasal dari milenium ke-2 SM.

Apakah kota suci kuno Zippaland akhirnya teridentifikasi?

Struktur melingkar yang berasal dari era Het ditemukan di Uşaklı Höyüy. (Emanuele Taccola)

Zippalanda adalah pusat administrasi dan keagamaan Hatian dari kerajaan Het Kuno di Anatolia. Selama penggalian musim ini di situs arkeologi di Uşaklı Höyüy, yang terletak di dekat Desa Büyüktaslik di distrik Sorgun, Provinsi Yozgat, Turki, di sebelah utara Gunung Kerkenes, para peneliti menemukan gundukan besar yang terpotong di sebelah utara candi utama kota. Setelah penggalian, struktur melingkar terungkap.

Zippalanda adalah pusat kultus Hattic kuno yang dibangun sebagai dedikasi dewa cuaca Het. Teks Hattusa mencatat raja mengambil bagian dalam banyak festival di Zippaland. Tablet Bogazkoy menggambarkan festival dan ritual yang dilakukan di kota di Zippalanda, dan mereka juga menyebutkan kuil dewa badai dan kesuburan "Ziplantil, Wašezzili, Wašezzil atau Wašezzašu", yang digambarkan sebagai singa.

Karena lokasi struktur baru 'tidak jauh dari sungai yang mengalir di dekat dasar benteng', Profesor D'Agostino menyarankan itu kemungkinan harus ditafsirkan dalam 'konteks ritual'.

Guci keramik Zaman Besi dan pemberat tanah liat sebelumnya digali dari Area D penggalian. (Proyek Arkeologi Uşaklı Höyük)

Merindukan Zipplanda yang Hilang

Penggalian sebelumnya menemukan keramik dan empat potongan tulisan paku dari era Het. Selain fungsi keagamaan, teks tersebut mengungkapkan orang-orang di Zippaland terlibat dalam urusan militer, kerajinan tangan, berburu, dan beternak. Profesor D'Agostino mengatakan para arkeolog kini telah mengidentifikasi beberapa bangunan termasuk "kuil dan benteng".

Baca Juga: Reruntuhan Distrik Bisnis dan Kuliner Romawi Timur Ditemukan di Turki