Cocoliztli, Penyakit Mematikan Penyebab Musnahnya Suku Aztec

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 5 Januari 2023 | 14:00 WIB
Masyarakat Aztec musnah akibat penyakit mematikan Cocoliztli. (Jaontiveros )

Nationalgeographic.co.id—Masyarakat Aztec musnah akibat penyakit mematikan Cocoliztli. Antara tahun 1545 dan 1550, suku Aztec dari Meksiko selatan mengalami wabah penyakit misterius yang mematikan, yang merenggut antara 5 juta dan 15 juta jiwa, hampir 80% dari populasi.

Ketika Spanyol menyeberangi Atlantik dan mulai berdatangan dalam gerombolan untuk memulai penaklukan dan penjarahan Amerika, mereka memiliki senjata di gudang senjata yang tidak mereka antisipasi yaitu penyakit.

Suku-suku asli yang terisolasi tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit 'Dunia Lama' seperti cacar, campak, atau influenza, mulai berjatuhan seperti lalat dalam semalam. 

Sebuah studi terobosan dari tahun 2017 yang diterbitkan di Nature Ecology and Evolution mampu melacak wabah tersebut ke salmonella, infeksi bakteri yang menyebabkan sejenis demam enterik yang hampir identik dengan tifus.

Bencana demografis yang ditimbulkan oleh cocoliztli tidak seperti bencana lain yang pernah ada di dunia. Angka-angka berbicara sendiri. Ketika orang Spanyol tiba di Meksiko pada tahun 1519, populasi Meksiko berkisar antara 15 dan 30 juta, tetapi pada tahun 1600, populasinya telah musnah menjadi hanya dua juta orang.

Apa Penyebab Cocoliztli?

Penyakit berperan besar seperti perang pada kejatuhan Kekaisaran Aztec. Hari-hari Terakhir Tenochtitlan, pertempuran terakhir penaklukan Kekaisaran Aztec oleh Spanyol pada tahun 1521. Lukisan oleh William de Leftwich Dodge, 1899. (Public domain)

Sementara perang adalah faktor yang sangat berkontribusi, bersama dengan penyakit lainnya, penelitian abad ke-21 telah menunjukkan serentetan demam berdarah 'asal yang tidak diketahui' bertanggung jawab atas setidaknya 60-70% dari kematian ini. Penyakit ini muncul sekitar tahun 1545, merupakan gelombang pertama dari epidemi besar ini, dengan gelombang besar lainnya terjadi pada tahun 1576, 1736 dan 1813. Wabah yang lebih kecil tercatat pada tahun 1559, 1566, 1587, 1592, 1601, 1604, 1606, 1613, 1624 , dan 1642. Di Tlaxcala saja, hingga seribu orang meninggal setiap hari.

“Tidak ada metode pasti untuk menentukan apakah penghitungan era kolonial berikutnya lebih akurat atau kurang akurat daripada yang sebelumnya”, sehingga besarnya populasi yang tidak tercatat tampaknya tidak dapat dipulihkan kembali,” ujar etno-sejarawan Charles Gibson dikutip Ancient Origins.

Epidemi ini sangat berbahaya justru karena populasi 'Dunia Baru' sebelumnya tidak memiliki kontak dengan penyakit yang menyerang mereka, membuat mereka tidak berdaya secara imunologis.

Menelusuri salmonella adalah tugas yang sangat berat karena berbagai alasan. Seniman Spanyol dan pribumi menunjukkan mimisan yang terinfeksi, batuk darah, tetapi tidak ada lekukan atau sisa yang terlihat pada kerangka. Studi yang sama yang disebutkan sebelumnya mampu melacak DNA berusia 500 tahun yang tertanam di gigi dari sisa-sisa gigi 24 individu. Ini dijalankan melalui analisis pengurutan DNA yang disebut MALT, sebuah program komputasi yang menyimpan informasi dari semua patogen yang diketahui.

Setidaknya 10 dari 24 sampel kembali positif salmonella, dan untuk menguatkan ini, lima orang yang terkubur sebelum kedatangan orang Eropa diuji. Tak satu pun dari lima ini memiliki bukti DNA salmonella.