Syarat Jadi Prajurit Romawi Kuno, Wajib Ikut Perang Selama 4 Bulan

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 6 Januari 2023 | 08:00 WIB
Seseorang harus menjalani sesi pelatihan yang melelahkan selama empat bulan untuk menjadi seorang prajurit Romawi. (History Answer)

Nationalgeographic.co.id—Berapa usia Anda jika berpikir untuk bergabung dengan tentara Romawi? Idealnya berusia antara 17 dan 23 tahun. Meskipun tak masalah jika berusia berusia 14 tahun atau bahkan 36 tahun.

Calon prajurit lebih mungkin diterima jika berasal dari pedesaan. Jika berasal dari kota, terdapat  beberapa prasangka terhadap penjahat kota di pasukan Romawi. Diantaranya adalah mereka dianggap sulit diatur dan membawa pengaruh yang agak buruk. Jika orang asing, calon prajurit akan bertugas sebagai pembantu, meskipun harus memiliki setidaknya sedikit bahasa Latin untuk memahami perintah yang akan dilontarkan.

Dilatih untuk Menjadi Prajurit Romawi

Menjadi seorang prajurit Romawi, harus menjalani empat bulan pelatihan yang melelahkan. Jika mendaftar di Roma atau sekitarnya, pelatihan akan berlangsung di Campus Martius, lapangan Mars, di samping Sungai Tiber.

Disana akan diajari cara menusukkan pedang, cara melempar tombak atau pilum dengan jarak sekitar 30 meter, cara memegang busur dan anak panah, serta cara menembak anak panah dengan ketapel, belajar cara berlatih formasi, termasuk kura-kura testudo, membangun kemah, dan berenang. Dalam formasi kura-kura, seorang prajurit akan bergerak maju dilindungi oleh atap dan dinding perisai, seolah-olah dilindungi oleh cangkang kura-kura.

Calon prajurit Romawi mengenakan penutup di bahu dan dada yang dikenal sebagai lorica terbuat dari pelat besi dan simpai. Helm yang terbuat dari besi, berbentuk mangkok berkubah yang memiliki pelindung alis, pelindung leher, dan potongan pipi. Tak lupa celemek kulit dengan kancing logam yang menempel di sabuk pedang, yang melindungi bagian pribadi Anda. Perisai yang berbentuk persegi panjang melengkung terbuat dari kayu, membawa pilum berujung besi, belati besi, dan pedang besi. Semua ini beratnya sekitar 30 kg.

Kampanye Tentara Romawi

Saat dalam perjalanan, calon prajurit Romawi harus membawa sarcina, atau paket berisi alat-alat yang Anda perlukan untuk membangun kemah yaitu beliung, gergaji, sekop, dan keranjang untuk membuang tanah.

Setelah memulai kampanye, Anda diharapkan menempuh jarak sekitar 32 km dalam lima jam—yang dikenal sebagai iustum iter—pawai yang adil atau masuk akal. Magnum iter—pawai yang tidak terlalu masuk akal —akan menempuh jarak hingga 50 km.

Di penghujung hari, Anda harus membangun kamp berbaris sementara sebagai perlindungan dari serangan mendadak. Seperti diminta untuk mengambil air, mencari makan, dan membangun parit jamban. Calon prajurit Romawi tidur di tenda kulit bersama tujuh legiuner lainnya. Mereka dikenal sebagai contubernales atau teman tenda.

Seorang Prajurit Romawi Berkelahi dalam Pertempuran

Calon prajurit Romawi disusun dalam formasi pertempuran, mungkin sedalam 10 peringkat atau lebih, lebih disukai di level, tanah terbuka. Ada celah di barisan sehingga masing-masing unit dapat bermanuver dengan lebih mudah.