Horemheb, Firaun Mesir Kuno Hapus Peninggalan Sejarah Akhenaten

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 12 Januari 2023 | 07:00 WIB
Sebelum menjadi firaun Mesir kuno, Horemheb awalnya seorang militer. (Hesham raouf)

Nationalgeographic.co.id – Horemheb adalah firaun terakhir Mesir kuno dari dinasti ke-18. Sebelum menjadi firaun Mesir kuno selama 14 tahun, Horemheb awalnya rakyat biasa. Dia juga seorang kepala militer pada era Tutankhamun. Horemheb menikahi seorang wanita bernama Mutnedjemet. Beberapa orang mengira dia adalah saudara perempuan Nefertiti, istri Akhenaten.

Namun kemudian, setelah kematian Akhenaten, putranya Tutankhamen menggantikannya. Pada masa pemerintahan Tutankhamen, karier Horemheb tiba-tiba melejit. Di bawah Tutankhamen, Horemheb bergelar Wakil Raja.

Horemheb juga menjadi juru bicara kerajaan. Ada patung Horemheb yang indah, diukir saat dia bekerja di bawah Tutankhamen sebagai wakilnya. Itu menunjukkan Horemheb sebagai juru tulis. Dia duduk bersila dan punya gulungan papirus di pangkuannya.

Di sepanjang dasar patung dan di atas gulungan itu terdapat hieroglif. Beberapa baris mengatakan, “Saya adalah pencatat hukum kerajaan, yang memberikan arahan kepada para abdi dalem. Bijaksana dalam berbicara. Tidak ada yang saya abaikan. Tanpa melupakan tugasku.” Horemheb mengasosiasikan dirinya secara khusus dengan dewa Thoth—dewa tulisan, dewa hukum dan ketertiban, yang menyimpan catatan. Horemheb, seperti mayoritas orang Mesir pada saat itu, mungkin bahkan tidak terpelajar, tetapi patungnya mengklaim kekuatan para dewa.

Seorang Firaun Militer

Horemheb menjadi firaun berikutnya. Selama masa pemerintahannya, dia memutuskan untuk melembagakan banyak kebijakan baru.

Yang pertama adalah dia memutuskan bahwa para pendeta harus diintegrasikan ke dalam tentara. Kita dapat mengatakan ini adalah pendeta militer pertama. Mungkin, Horemheb telah melihat betapa kuatnya para pendeta pada masa Akhenaten. Lagi pula, bukankah para pendeta memaksa Akhenaten untuk keluar dari Thebes ketika dia memutuskan untuk membuat agama baru? Horemheb mungkin tahu bahwa para pendeta itu kuat.

Dua Makam Horemheb

Horemheb juga ingin menunjukkan bahwa dia adalah seorang pembangun yang hebat. Dia pergi ke Kuil Karnak, yang merupakan kuil terbesar di Thebes membangun tiang kesembilan dan kesepuluh di sana. Horemheb juga merobohkan kuil Akhenaten, dan menggunakan puing-puing yang berserakan itu untuk membangun proyeknya.

Fakta menarik lain dari Horemheb punya dua makam. Tetapi mengapa dia memiliki dua makam? Sebab, dulu, saat menjadi wakil raja dan masih menjadi rakyat biasa dia membangun makam di Saqquara. Ini adalah tempat di mana warga kuat dari Dinasti 18, para bangsawan, tetapi bukan keluarga kerajaan memiliki makam.

Saqquara adalah makam yang cukup mengesankan bagi seorang komandan militer dan Wakil Raja. Ini memiliki ukiran yang paling indah. Ukiran tersebut menunjukkan Horemheb diberi penghargaan atas pelayanan baiknya oleh firaun, yang mungkin adalah Tutankhamen. Dia diberi kerah emas. Dia berdiri. Dan dia mengangkat tangannya sehingga kerahnya bisa diletakkan di atas kepalanya. Orang-orang datang dan memasang kerah emas di sekitar Horemheb, sebagai hadiah atas pelayanan yang baik.

Membuat Firaun Rakyat Biasa