Dampak Perubahan Iklim: Lebih Sedikit Ngengat, Lebih Banyak Lalat

By Wawan Setiawan, Kamis, 5 Januari 2023 | 10:00 WIB
Serangga seperti bumblebee hoverfly (Volucella bombylans) muncul jauh lebih jarang daripada sebelumnya. (Wirestock_AdobeStock)

Nationalgeographic.co.id—Di ujung utara planet ini, perubahan iklim terlihat jelas. Sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Nature Ecology & Evolution pada 2 Januari 2023, menunjukkan bahwa secara paralel telah terjadi perubahan dramatis pada serangga penyerbuk.

Pasukan serangga dan hewan lain yang menyerbuki banyak tumbuhan di bumi ini memiliki fungsi yang sangat penting. Layanan mereka sangatlah berharga.  Tanpa pengunjung bunga ini, banyak tumbuhan liar hanya dapat bereproduksi dengan buruk – atau bahkan tidak sama sekali. Dengan demikian, ekosistem tidak lagi dapat berfungsi dalam bentuknya yang sekarang.

Lebih dari tiga perempat tanaman terpenting bergantung pada penyerbuk agar dapat menghasilkan hasil yang tinggi dan kualitas yang baik. Oleh karena itu, hilangnya penyerbuk juga akan menyebabkan kerugian ekonomi sebesar miliaran.

Masih belum jelas apakah penyerbuk masih dapat memberikan layanan seperti biasanya. Itu karena tanaman dan penyerbuknya terjalin dalam jaringan yang rumit di mana distribusi dan kelimpahan spesies yang terlibat serta kejadian musiman, fisiologi, dan perilakunya disesuaikan dengan baik. Bahkan perubahan kecil pun bisa membuat semuanya tidak seimbang. Oleh karena itu, para ahli khawatir pengaruh manusia seperti perubahan iklim dan penggunaan lahan dapat menyebabkan layanan penyerbukan menjadi kurang efektif.

Namun, karena sedikit penelitian yang menyelidiki interaksi antara tumbuhan dan kelompok penyerbuk yang berbeda dalam jangka waktu yang lebih lama, sulit untuk mengatakan apakah dan sejauh mana perkembangan tersebut sedang berlangsung.

Hal ini membuat data berusia lebih dari 120 tahun dari Finlandia yang menjadi dasar studi baru menjadi lebih menarik. "Saya bersemangat bekerja dengan kumpulan data historis seperti ini," kata Prof. Tiffany Knight dari UFZ. "Jika Anda mengulangi studi sejarah lagi hari ini, seringkali itu satu-satunya cara untuk mempelajari proses ekologi jangka panjang." Baginya, studi seperti itu juga menantang imajinasi.

Ngengat seperti Plusia festucae juga berkurang hari ini dibandingkan dengan masa penelitian Frans Silén. (Wirestock_AdobeStock)

"Saya mencoba memahami apa yang memotivasi orang-orang yang mengumpulkan data di masa lalu dan tantangan apa yang mereka hadapi," jelasnya. "Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk merencanakan studi modern yang sebanding."

Antara tahun 1895 dan 1900, di sekitar Kittilä (sebuah desa yang terletak sekitar 120 km di utara Lingkaran Arktik), rimbawan Frans Silén secara sistematis mencatat serangga mana yang mengunjungi bunga mana dan seberapa sering hal itu dilakukan.

Pertama-tama, para ilmuwan mencari di sekitar Kittila untuk mencari lokasi di mana Silén juga melakukan pengamatan - dan di mana 17 spesies tanaman yang dia pelajari paling baik masih tumbuh hingga hari ini. Di lokasi-lokasi ini, tim mengulangi sensus penyerbuk pada 2018 dan 2019. Area tersebut tetap berpenduduk jarang, dan hanya sedikit yang berubah dalam hal penggunaan lahan. Namun, itu tidak lepas dari konsekuensi perubahan iklim.

"Kami telah melihat perubahan drastis dalam jaringan penyerbuk," kata Leana Zoller dari MLU. Hanya 7% dari kunjungan bunga yang diamati melibatkan spesies serangga dan tanaman yang sama seperti saat itu. "Itu sangat kecil," kata Zoller.

Misalnya, lalat dan ngengat lebih jarang muncul di bunga-bunga di sekitar desa saat ini daripada sebelumnya. Ini mungkin bukan kabar baik. Itu karena kedua kelompok ini memiliki beberapa penyerbuk yang sangat efektif di antara mereka. Ini termasuk bumblebee hoverfly (Volucella bombylans) - lalat besar berbulu yang menyerupai lebah.