Pengalaman WFH Ternyata Tidak Sama Pada Pasangan Suami Istri

By Ricky Jenihansen, Kamis, 5 Januari 2023 | 08:00 WIB
Banyak pasangan yang sama-sama bekerja dari rumah. Tapi itu tidak sama untuk keduanya. (Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Studi terkait pekerja di Tiongkok dan Korea Selatan menunjukkan bahwa pengalaman Work From Home atau bekerja dari rumah ternyata tidak sama pada pasangan suami istri. Bekerja dari rumah ternyata merupakan kesepakatan yang lebih baik bagi suami daripada istri dalam beberapa hal.

Penelitian menunjukkan bahwa baik suami maupun istri menyelesaikan lebih banyak tugas yang berhubungan dengan keluarga saat mereka bekerja dari rumah dibandingkan di kantor.

Namun, saat istri bekerja dari rumah, suami menyelesaikan lebih sedikit tugas keluarga dibandingkan saat istri bekerja di kantor. Istri tidak menyelesaikan lebih sedikit tugas ketika suami bekerja dari rumah.

Selain itu, para istri dalam kedua penelitian tersebut merasa semakin bersalah karena gagal menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dan menghabiskan waktu bersama keluarga ketika mereka melakukan lebih banyak pekerjaan di kantor.

Pada pria, hasil itu ditemukan dalam satu penelitian. "Kami menemukan bahwa pria dan wanita tidak memiliki pengalaman yang sama bekerja dari rumah," kata Jasmine Hu, penulis utama studi dan profesor manajemen di Fisher College of Business The Ohio State University.

"Masih ada beberapa perbedaan gender dalam cara mereka mengelola pekerjaan dan tanggung jawab keluarga."

Hasil penelitian tersebut telah mereka jelaskan di Personnel Psychology dengan judul "Double challenges: How working from home affects dual‐earner couples’ work‐family experiences,"

Para peneliti melakukan dua penelitian, keduanya selama pandemi COVID-19. Satu penelitian melibatkan 172 pasangan suami istri berpenghasilan ganda di Tiongkok yang memiliki setidaknya satu anak. Studi itu dilakukan menjelang awal pandemi pada April dan Mei 2020.

Studi kedua dilakukan di Korea Selatan, kemudian dalam pandemi dari Juni hingga Agustus 2021. Ini melibatkan 60 pasangan berpenghasilan ganda, beberapa dengan anak dan beberapa tanpa.

Dalam kedua survei, semua peserta menyelesaikan dua survei setiap hari selama 14 hari kerja berturut-turut. Setiap suami dan istri melaporkan status kerja-dari-rumah mereka dan jumlah pekerjaan dan tugas keluarga yang mereka selesaikan.

Mereka juga menyelesaikan berbagai langkah, yang dapat mencakup konflik pekerjaan-keluarga dan konflik keluarga-pekerjaan, seberapa besar rasa bersalah yang mereka rasakan terhadap keluarga dan pekerjaan mereka, dan penarikan diri secara psikologis dari pekerjaan dan keluarga.

Temuan menunjukkan bahwa ketika suami memiliki jadwal kerja yang fleksibel, istri menyelesaikan lebih banyak tugas pekerjaan saat bekerja dari rumah daripada di kantor. Ketika istri memiliki pengaturan kerja yang tidak fleksibel, suami menyelesaikan lebih banyak tugas keluarga saat bekerja dari rumah.