Awal Mula Kenaikan Permukaan Laut Era Modern Dimulai pada Tahun 1863

By Ricky Jenihansen, Minggu, 8 Januari 2023 | 11:00 WIB
Naiknya permukaan laut dan samudera merupakan titik kritis yang menjadi perhatian khusus bagi para ilmuwan iklim. (AFP)

Nationalgeographic.co.id - Tim ilmuwan internasional termasuk peneliti Rutgers University telah menemukan bahwa kenaikan permukaan laut era modern dimulai pada tahun 1863. Saat itu era industri meningkat dan makin intensif, bertepatan dengan bukti pemanasan laut awal dan pencairan gletser.

Rincian analisis mereka telah dijelaskan di jurnal bergengsi Nature Communications dengan judul "Timing of emergence of modern rates of sea-level rise by 1863."

Studi tersebut, yang menggunakan catatan basis data global permukaan laut selama 2.000 tahun terakhir, akan membantu perencana lokal dan regional mempersiapkan kenaikan permukaan laut di masa depan.

Kenaikan permukaan laut merupakan indikator penting dari perubahan iklim yang lebih luas. Dengan mengidentifikasi waktu ketika tingkat kenaikan permukaan laut modern muncul di atas variabilitas alami, para peneliti dapat menentukan permulaan periode perubahan iklim yang signifikan.

Perubahan iklim mengacu pada perubahan suhu dan pola cuaca dalam jangka panjang. Pergeseran ini mungkin bersifat alami.

Namun sejak periode 1800-an, aktivitas manusia telah menjadi pendorong utama perubahan iklim, terutama dengan pembakaran bahan bakar fosil (seperti batu bara, minyak, dan gas) yang menghasilkan gas yang memerangkap panas.

Dengan memeriksa catatan di seluruh dunia, para peneliti menemukan bahwa secara global, tingkat kenaikan permukaan laut di era modern terjadi pada tahun 1863, sejalan dengan Revolusi Industri.

Sekira tahun tersebut, pertumbuhan industri semakin intensif, di saat yang bersamaan juga bertepatan dengan bukti pemanasan laut awal dan pencairan gletser, menurut penelitian tersebut.

Sekira tahun 1863, pertumbuhan industri semakin intensif. (Rutgers University)

Di situs individu di Amerika Serikat, kenaikan air muka laut modern muncul paling awal di wilayah pertengahan Atlantik pada pertengahan hingga akhir abad ke-19, dan kemudian di Kanada dan Eropa, muncul pada pertengahan abad ke-20.

Studi ini sangat tepat waktu mengingat laporan NOAA yang baru-baru ini dirilis merinci percepatan cepat kenaikan permukaan laut di pantai AS. NOAA atau Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (bahasa Inggris: National Oceanic and Atmospheric Administration) adalah badan laboratorium ilmiah dari Kementerian Perdagangan Amerika Serikat.

Baca Juga: Kenaikan Air Laut Pesisir Jawa Lebih Tinggi daripada Rata-Rata Global