Kesenjangan Digital Tidak Dapat Diatasi dengan Teknologi Saja

By Ricky Jenihansen, Senin, 9 Januari 2023 | 17:00 WIB
Kesenjangan digital harus dilihat lebih dari sekadar masalah teknologi (ndtv)

Nationalgeographic.co.id - Studi baru ilmuwan Ohio State University menemukan bahwa teknologi saja tidak dapat mengatasi kesenjangan digital. Mereka mempelajari komunitas pengungsi Bhutan di Columbus yang meski memiliki akses teknologi, tapi tetap tidak menggunakannya.

Penelitian tersebut menunjukkan, pada beberapa komunitas, kesenjangan digital tetap ada bahkan setelah mereka memiliki akses ke komputer dan internet cepat.

Mereka mempelajari komunitas pengungsi Bhutan di Columbus yang meskipun lebih dari 95% populasi memiliki akses ke internet, sangat sedikit yang menggunakannya untuk terhubung dengan sumber daya lokal dan berita daring.

Dan penelitian, yang dilakukan selama puncak perintah tinggal di rumah pandemi COVID-19 di Ohio, menemukan bahwa hampir tiga perempat responden tidak pernah menggunakan internet untuk layanan telehealth.

Hasilnya menunjukkan bahwa kesenjangan digital harus dilihat lebih dari sekadar masalah teknologi, kata Jeffrey Cohen, penulis utama studi dan profesor antropologi di The Ohio State University.

"Kami tidak bisa begitu saja memberi orang akses ke internet dan mengatakan masalahnya sudah selesai," kata Cohen.

"Kami menemukan bahwa ada alasan sosial, budaya, dan lingkungan yang dapat mencegah beberapa komunitas mendapatkan semua nilai yang mereka bisa dari akses internet."

Studi ini dipublikasikan baru-baru ini di International Journal of Environmental Research and Public Health.

Orang yang lebih tua lebih kecil kemungkinan menggunakan internet. (Digital Divide)

Untuk penelitian ini, para peneliti bekerja sama dengan anggota Komunitas Bhutan di Ohio Tengah, sebuah organisasi nirlaba yang membantu memukimkan kembali pengungsi Bhutan di daerah Columbus.

Studi tersebut mencakup survei komunitas terhadap 493 responden, beberapa di antaranya disurvei secara online dan banyak lagi yang diwawancarai secara langsung.

Sementara banyak responden hidup dalam kemiskinan, lebih dari setengahnya memiliki pendapatan tahunan di bawah $35.000, 95,4% mengatakan bahwa mereka memiliki akses ke internet.

Lebih dari 9 dari 10 orang yang disurvei mengatakan akses ke teknologi digital itu penting, sangat penting atau sangat penting bagi mereka.

Tetapi sebagian besar memiliki pandangan yang sangat terbatas tentang bagaimana mereka dapat menggunakan internet.

"Untuk hampir semua orang yang kami wawancarai, internet adalah cara Anda terhubung dengan keluarga Anda, melalui aplikasi seperti Facebook atau WhatsApp," kata Cohen. "Bagi banyak orang, itu hampir satu-satunya tujuan mereka menggunakan internet."

Temuan mengungkapkan 82% terhubung dengan teman dan keluarga, dan 68% menggunakan media sosial. Semua kegunaan lain berada di bawah 31%.

Tidak mengherankan, orang yang lebih tua, yang kurang berpendidikan dan kemampuan bahasa Inggris yang buruk lebih kecil kemungkinannya untuk menggunakan internet dibandingkan orang lain.

Masalah umum adalah bahwa banyak pengungsi, terutama yang lebih tua dan kurang berpendidikan, merasa tidak nyaman dengan internet, studi tersebut menemukan.

“Tentu saja, itu bukan hanya masalah orang Bhutan. Banyak orang di negara kita melihat internet hanya sebagai tempat anak atau cucu mereka bermain game, atau menghadiri kelas,” ujarnya.

"Mereka tidak melihatnya sebagai tempat di mana mereka dapat mengakses perawatan kesehatan mereka atau menemukan sumber daya untuk membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari."

Kesenjangan digital tidak hanya tentang kehadiran teknologi. (Westend61)

Bahasa adalah masalah lain. Meskipun ada program lokal untuk menerjemahkan beberapa sumber penting dari bahasa Inggris ke bahasa Nepal.

Bahasa yang paling umum digunakan oleh pengungsi Bhutan, banyak responden mengatakan bahwa terjemahannya "kebanyakan omong kosong" dan hampir mustahil untuk dipahami, kata Cohen.

Bahkan bagi mereka yang berbicara bahasa Inggris, kurang dari 25% menggambarkan diri mereka sebagai pembicara yang sangat baik.

"Orang-orang memiliki akses ke internet, dan informasi ini tersedia bagi mereka, tetapi mereka tidak dapat menggunakannya. Itu bukan masalah teknologi, tetapi bagian dari kesenjangan digital," katanya.

Karena studi dilakukan selama pandemi COVID-19, salah satu bidang fokus utama dalam studi ini adalah akses ke layanan kesehatan dan informasi tentang COVID-19.

Meskipun layanan telehealth menjadi salah satu cara utama untuk mengakses layanan kesehatan selama pandemi, sekitar 73% mengatakan mereka tidak pernah menggunakan internet untuk tujuan tersebut.

Dan COVID-19 bukan satu-satunya masalah kesehatan yang dihadapi banyak orang yang disurvei.

"Masyarakat Bhutan berisiko tinggi terkena penyakit kardiometabolik, seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes, dan sekitar 72% dari mereka yang disurvei memiliki satu atau lebih indikasi kondisi ini," kata Cohen.

"Jika mereka tidak memanfaatkan telehealth untuk berkonsultasi dengan dokter, ini bisa menempatkan mereka pada risiko yang lebih besar."

Cohen mengatakan satu pelajaran penting dari penelitian ini adalah bahwa peneliti harus terlibat dan bermitra dengan masyarakat untuk memastikan bahwa solusi yang diusulkan untuk masalah, termasuk kesenjangan digital, sesuai dengan kebutuhan lokal.