Kisah Fu Hao: Wanita Tangguh yang Memimpin 13.000 Tentara Shang

By Galih Pranata, Minggu, 8 Januari 2023 | 12:00 WIB
Ilustrasi Fu Hao oleh Lauren Brevner, menggambarkan sosok wanita tangguh dalam sejarah Tiongkok yang memimpin 13.000 pasukan Dinasti Shang. (Galih Pranata/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Fu Hao bisa jadi merupakan wanita paling tangguh dalam catatan sejarah Tiongkok. Dia menjadi salah satu permaisuri dari banyaknya istri kaisar Shang.

Merupakan tradisi bagi kaisar Dinasti Shang untuk mengamankan kesetiaan suku-suku tetangga dengan menikahi seorang istri dari masing-masing suku. Begitulah Fu Hao menjadi salah satu dari 64 istri Kaisar Wu Ding.

"Begitu berada di istana, dia menunjukkan kecerdasan yang luar biasa, serta bakat militer, dan dengan cepat menjadi istri favorit kaisar dan orang kepercayaan yang paling tepercaya," tulis Khalid Elhassan.

Khalid menulisnya kepada History Collection dalam sebuah artikel berjudul "The Most Formidable Women in History that Made Men Cower Before Them" yang diterbitkan pada 23 April 2022.

Ia berbeda dari istri-istri kaisar Shang karena dia adalah wanita yang memiliki persona luar biasa, sehingga dengan cepat ia mengukuhkan posisinya sebagai istri yang difavoritkan kekaisaran.

Peran sentralnya juga dikenal tatkala menjadi tokoh terkemuka di pengadilan dan di seluruh daratan Tiongkok semasa hidupnya. Belum lagi dia dikenal sebagai seorang pendeta dan politisi yang cakap.

Selain menjadi seorang istri dan ibu, dia juga seorang jenderal tangguh yang memimpin bala tentara dan pasukannya hingga ke medan pertempuran. Kepiawaiannya ini mulai diketahui melalui artefaknya.

Para ilmuwan modern membuka fakta tentang Fu Hao melalui temuan prasasti pada artefak Shang dynasty oracle bone yang digali di Yinxu. Prasasti ini telah menunjukkan perannya bagi kemiliteran Shang. 

Ada pula keberadaan senjata yang ditemukan di galian pusaranya, dapat ditentukan bahwa Fu Hao adalah seorang jenderal yang bertanggung jawab atas beberapa kampanye militer Dinasti Shang.

Baca Juga: Kisah Kaisar Qin Shi Huang, si Pencari Keabadian yang Bernasib Tragis

Baca Juga: Penemuan Mumi Perempuan Singkap Gaya Hidup Zaman Dinasti Ming

Baca Juga: Ketika Ekspedisi Terakhir Cheng Ho Jadi Awal Tiongkok Menutup Diri