Hilangnya Mangrove Dalam 20 Tahun Terakhir Karena Faktor Sosio-Ekonomi

By Ricky Jenihansen, Selasa, 10 Januari 2023 | 16:00 WIB
Mangrove berperan penting dalam menjaga kelestarian pesisir laut karena menjaga bibir pantai dari abrasi. (Donny Fernando)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru yang dipimpin University of Queensland mengungkapkan penyebab hilangnya mangrove dalam 20 tahun terakhir. Mereka menemukan, bahwa sebagian besar degradasi dapat dikaitkan dengan faktor sosial-ekonomi dan biofisik, dengan tutupan mangrove meningkat di beberapa daerah.

Temuan mereka tersebut telah dipublikasikan di jurnal bergengsi Nature Communications belum lama ini. Jurnal akses terbuka itu diterbitkan secara daring dengan judul "Drivers of global mangrove loss and gain in social-ecological systems."

"Di sini, kami menilai hubungan antara variabel sosioekonomi dan biofisik dan perubahan mangrove di seluruh unit geomorfik pesisir di seluruh dunia dari tahun 1996 hingga 2016," tulis para peneliti.

"Secara global, kami menemukan bahwa penyebab kerugian juga dapat menjadi pendorong keuntungan, dan penggerak tersebut telah berubah selama 20 tahun."

Pada penelitian tersebut, para peneliti menghitung perubahan tutupan mangrove di seluruh garis pantai di seluruh dunia selama dua dekade terakhir.

Penelitian tersebut merupakan pandangan pertama tentang bagaimana tekanan ekonomi lokal, tata kelola nasional, dan kebijakan konservasi berdampak pada hilangnya dan keuntungan mangrove, dan bagaimana ini telah berubah dari waktu ke waktu.

"Hutan bakau menyimpan karbon dalam jumlah tinggi dan melindungi masyarakat dari badai, sekaligus mendukung perikanan dan memainkan peran penting dalam ekonomi lokal," kata peneliti Valerie Hagger.

Mangrove tumbuh subur di sepanjang garis pantai tropis, subtropis dan beberapa daerah beriklim hangat, serta dibanjiri secara teratur oleh pasang surut. (Tom Van der Stocken)

“Sampai saat ini penyebab utama hilangnya mangrove global adalah dampak penggunaan lahan oleh manusia yang terkait dengan konversi tambak, pertanian, dan pembangunan perkotaan.

Menurutnya, yang paling mengejutkan adalah, meski dalam sebagian besar contoh pertumbuhan ekonomi Anda akan menemukan hilangnya dan degradasi habitat, studi ini menemukan sebaliknya.

“Waktu tempuh ke kota terdekat, sebagai proksi akses ke pasar untuk menjual komoditas, seperti udang, beras, kelapa sawit, tetap menjadi pendorong kuat hilangnya mangrove selama 20 tahun terakhir," katanya.

Metode korbon pancang dalam penanaman Mangrove hanya terjadi di Rajaampat, Papua Barat. (Donny Fernando)