Planet Ekstrasurya Hasil Pantauan Teleskop James Webb Pertama Kalinya

By Wawan Setiawan, Jumat, 13 Januari 2023 | 07:00 WIB
Ilustrasi planet dan bintangnya dengan latar belakang hitam. Planet ini berbatu. Seperempat bagian atas planet (sisi yang menghadap bintang) menyala, sedangkan sisanya dalam bayangan. Bintang itu berwarna putih kekuningan cerah, tanpa fitur yang jelas. (NASA, ESA, CSA, L. Hustak (STScI))

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti mengonfirmasi sebuah planet ekstrasurya. Sebuah planet yang mengorbit bintang lain, menggunakan Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA untuk pertama kalinya. Secara resmi diklasifikasikan sebagai LHS 475 b, planet ini berukuran hampir persis sama dengan planet kita, dengan diameter 99% dari diameter Bumi.

Tim peneliti dipimpin oleh Kevin Stevenson dan Jacob Lustig-Yaeger, keduanya dari Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins di Laurel, Maryland. Tim memilih untuk mengamati target ini dengan Webb setelah dengan hati-hati meninjau target yang menarik dari Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA, yang mengisyaratkan keberadaan planet tersebut.

Near-Infrared Spectrograph (NIRSpec) Webb menangkap planet ini dengan mudah dan jelas hanya dengan dua pengamatan transit. "Tidak diragukan lagi planet itu ada. Data asli Webb memvalidasinya," kata Lustig-Yaeger, seperti yang dilansir oleh CNN. “Fakta bahwa planet ini juga kecil dan berbatu sangat mengesankan bagi observatorium,” tambah Stevenson.

"Hasil pengamatan pertama dari planet berbatu seukuran Bumi ini membuka pintu ke banyak kemungkinan di masa depan untuk mempelajari atmosfer planet berbatu dengan Webb," kata Mark Clampin, direktur Divisi Astrofisika di Markas Besar NASA di Washington. "Webb membawa kita semakin dekat ke pemahaman baru tentang dunia mirip Bumi di luar tata surya kita, dan misinya baru saja dimulai."

Grafik menunjukkan perubahan kecerahan relatif dari sistem bintang-planet yang berlangsung selama tiga jam. Spektrum menunjukkan bahwa kecerahan sistem tetap stabil sampai planet mulai transit bintang. (NASA, ESA, CSA, L. Hustak (STScI), K. Stevenson, J. Lustig-Yaeger, E. May (JHUAPL), G. Fu (JHU), and S. Moran (UA))

Di antara semua teleskop yang beroperasi, hanya Webb yang mampu mengkarakterisasi atmosfer planet ekstrasurya seukuran Bumi. Tim berusaha menilai apa yang ada di atmosfer planet dengan menganalisis spektrum transmisinya. Meskipun data menunjukkan bahwa ini adalah planet terestrial seukuran Bumi, mereka belum mengetahui apakah planet tersebut memiliki atmosfer atau tidak.

Grafik menunjukkan spektrum transmisi planet berbatu LHS 475 b. Titik data diplot sebagai lingkaran putih dengan bilah kesalahan abu-abu pada grafik jumlah cahaya yang diblokir dalam persen pada sumbu vertikal versus panjang gelombang cahaya dalam mikron pada sumbu horizontal. Garis hijau lurus mewakili model yang paling cocok. Garis merah melengkung mewakili model metana, dan garis ungu yang sedikit melengkung mewakili model karbon dioksida. (NASA, ESA, CSA, L. Hustak (STScI), K. Stevenson, J. Lustig-Yaeger, E. May (JHUAPL), G. Fu (JHU), and S. Moran (UA))

"Data observatorium sangat bagus," kata Erin May, juga dari Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins. "Teleskop sangat sensitif sehingga dapat dengan mudah mendeteksi berbagai molekul, tapi kami belum bisa membuat kesimpulan pasti tentang atmosfer planet ini."

Meski tim tidak bisa menyimpulkan apa yang ada, mereka pasti bisa mengatakan apa yang tidak ada. “Ada beberapa jenis atmosfer terestrial yang bisa kita abaikan,” jelas Lustig-Yaeger. "Itu tidak mungkin memiliki atmosfer tebal yang didominasi metana, mirip dengan Titan, bulan Saturnus."

Tim juga mencatat bahwa meskipun planet ini mungkin tidak memiliki atmosfer, ada beberapa komposisi atmosfer yang belum dikesampingkan, seperti atmosfer karbon dioksida murni. “Sebaliknya, atmosfer 100% karbon dioksida jauh lebih padat sehingga sangat sulit untuk dideteksi,” kata Lustig-Yaeger. Pengukuran yang lebih tepat diperlukan bagi tim untuk membedakan atmosfer karbon dioksida murni dari tanpa atmosfer sama sekali. Para peneliti dijadwalkan untuk mendapatkan spektrum tambahan dengan pengamatan yang akan datang musim panas ini.

Baca Juga: Teleskop James Webb Mengungkap Hubungan Antara Galaksi Dekat dan Jauh

Baca Juga: James Webb Mengungkap Galaksi Mirip Bimasakti di Alam Semesta Muda