Rekam Jejak Hingga Rencana Pertemuan Terbesar Para Pemuja Setan

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 13 Januari 2023 | 16:00 WIB
Patung Baphomet terlihat di ruang konversi di Kuil Setan di Salem, Massachusetts. (Fox News)

Nationalgeographic.co.id—Kelompok pemuja setan, The Satanic Temple (TST) atau Kuil Setan di Amerika Serikat kini tengah menjadi sorotan lantaran ingin menggelar pertemuan besar-besaran dengan bertajuk SatanCon 2023. Pertemuan tersebut dalam rangka hari jadi TST yang ke-10 dan akan digelar April mendatang.

Di balik hebohnya kabar tersebut, sebelumnya jejak peninggalan para pemuja setan sudah ada sejak lama. Seperti penemuan belum lama ini di Skotlandia. Para arkeolog telah menemukan dua benda misterius, termasuk plakat logam yang menggambarkan pentagram terbalik dengan binatang bertanduk di tengahnya. Kemungkinan besar entitas setan Baphomet  dan sebuah altar dengan 'menampilkan objek' yang dirahasiakan di sekitar alas. Benda misterius tersebut ditemukan di area terpencil di Taman Holyrood, Edinburgh.

Benda misterius itu diyakini sebagai benda-benda itu kafir, simbologi itu tampaknya lebih terkait dengan satanisme dan pemujaan setan.

Taman Holyrood

Pentagram setan dan altar ditemukan di taman yang mengelilingi Istana Holyrood. (Samott)

Taman Holyrood juga dikenal sebagai Taman Ratu adalah taman kerajaan yang tetap menjadi bagian dari Istana Holyrood, kediaman resmi Ratu di Skotlandia. Taman ini didirikan oleh Raja David I dari Skotlandia pada tahun 1128 M sebagai tempat perburuan kerajaan untuk Biara Holyrood. Istana Holyrood, juga dikenal sebagai Istana Kerajaan Holyroodhouse, dimulai sebagai penginapan di dalam Biara tetapi akhirnya diperluas menjadi istana besar yang berfungsi sebagai kediaman utama Raja dan Ratu Skotlandia sejak abad ke-16.

Jejak Pemuja Setan

Dikutip Ancient Origins, plakat logam dan altar ditemukan tertanam di tanah di dalam bagian rumput yang dipotong menjadi bentuk segitiga. Sebuah altar beton ditemukan terkubur di bawah tanah lapisan atas dan tampaknya dikelilingi oleh "benda-benda pajangan", meskipun benda-benda tersebut belum ditentukan.

Sejumlah batu rune ditemukan tertanam di segitiga beton di sekitar plakat logam, bersama dengan penggambaran sejumlah sosok berbeda.

Plakat dan altar setan ditemukan di The Queen's Holyrood Park, Edinburgh, Skotlandia. (Historic Environment Scotland)

Benda-benda itu ditemukan di Lingkungan Bersejarah Skotlandia, yang mengelola taman tersebut, membawa arkeolog untuk menyelidiki situs tersebut. Tapi misterinya semakin dalam.

Tapi, yang lebih aneh lagi, menurut sebuah laporan baru yang disusun oleh firma Arkeologi CFA yang berbasis di Musselburgh dan dilihat oleh tim dari Scootsman, keduanya telah dipindahkan oleh orang yang tidak dikenal di beberapa titik sebelum mereka menyelidiki situs tersebut, hanya tersisa alas beton dan lubang di rumput di belakang.