Dunia Hewan: Dampak Negatif Aktivitas Bising Manusia bagi Lumba-Lumba

By Wawan Setiawan, Sabtu, 14 Januari 2023 | 15:00 WIB
Dua lumba-lumba yang diamati dalam penelitian dunia hewan ini, Delta dan Reese, ditempatkan di laguna eksperimental. (Current Biology/Sorensen et al.)

Nationalgeographic.co.id - Di dunia hewan, lumba-lumba adalah hewan sosial dan cerdas yang mengandalkan peluit dan ekolokasi untuk berburu dan bereproduksi. Artinya, kebisingan yang dihasilkan dari aktivitas manusia seperti pengeboran dan pengiriman berpotensi berdampak negatif terhadap kesehatan populasi lumba-lumba liar.

Sebuah studi telah diterbitkan di jurnal Current Biology pada 12 Januari 2023 yang berjudul “Anthropogenic noise impairs cooperation in bottlenose dolphins.” Studi ini menunjukkan bahwa lumba-lumba ternyata "berteriak" di bawah air saat mereka mencoba bekerja sama dalam menanggapi tingkat kebisingan bawah air yang meningkat.

"Alasan yang sama yang membuat suara sangat menguntungkan untuk digunakan hewan juga membuat mereka rentan terhadap gangguan kebisingan di lingkungan," kata penulis pertama Pernille Sørensen dari University of Bristol, Inggris. "Dalam beberapa dekade terakhir, kita telah melihat peningkatan dramatis dalam kebisingan buatan manusia, dan tidak terkecuali polusi suara di lautan."

Dua lumba-lumba yang diamati dalam penelitian ini, Delta dan Reese, ditempatkan di laguna eksperimental dan dilengkapi dengan perekam suara cangkir hisap untuk mendokumentasikan vokalisasi mereka.

Lumba-lumba harus bekerja sama untuk menekan tombol bawah air mereka sendiri yang ditempatkan di kedua ujung laguna dalam jarak satu detik satu sama lain. Mereka dilepaskan dari titik awal selama setiap percobaan, dan untuk percobaan tertentu, salah satu lumba-lumba ditahan selama lima sampai sepuluh detik sementara yang lain segera dilepaskan. Dalam uji coba rilis tertunda, lumba-lumba hanya mengandalkan komunikasi vokal untuk mengoordinasikan penekanan tombol.

Lumba-lumba Delta dan Reese berhasil menyelesaikan tugas menekan tombol dengan tingkat kebisingan yang sangat tinggi. (Current Biology/Sorensen et al.)

Para peneliti menemukan bahwa ketika tingkat kebisingan yang meningkat dimainkan dari pengeras suara bawah air, kedua lumba-lumba mengimbanginya dengan mengubah volume dan panjang panggilan mereka untuk mengoordinasikan penekanan tombol. Dari tingkat kebisingan terendah hingga tertinggi, tingkat keberhasilan lumba-lumba turun dari 85% menjadi 62,5%.

Lumba-lumba tidak hanya mengubah panggilan mereka, tetapi mereka juga mengubah bahasa tubuh mereka. Saat tingkat kebisingan meningkat, lumba-lumba lebih cenderung menyesuaikan diri untuk saling berhadapan, dan mereka juga cenderung berenang ke sisi lain laguna agar lebih dekat.

"Ini menunjukkan kepada kita bahwa meskipun mereka menggunakan mekanisme kompensasi ini, komunikasi mereka terganggu oleh kebisingan," kata Sørensen. "Pekerjaan kami menunjukkan bahwa terlepas dari upaya mereka untuk memberi kompensasi, meskipun sangat termotivasi dan fakta bahwa mereka mengetahui tugas kerja sama ini dengan sangat baik, namun kebisingan masih mengganggu kemampuan mereka untuk berhasil berkoordinasi."

Sementara penelitian ini dilakukan dengan lumba-lumba yang hidup dalam perawatan manusia, kebisingan yang dihasilkan manusia juga berpotensi memiliki efek merugikan pada lumba-lumba liar.

Baca Juga: Dunia Hewan: Sub Spesies Baru Lumba-lumba Hidung Botol Diidentifikasi

Baca Juga: Dunia Hewan: Hilangnya Lumba-lumba Sungai Yangtze dan Ancaman Lainnya