Fosil Bunga Ditemukan dalam Amber Baltik Berusia 34 Juta Tahun

By Ricky Jenihansen, Senin, 16 Januari 2023 | 11:00 WIB
Symplocos kowalewskii. Skala bar - 1 cm. (Sadowski & Hofmann)

Nationalgeographic.co.id—Fosil bunga dengan inklusi yang besar telah ditemukan tim ilmuwan terperangkap di dalam amber Baltik yang berusia sekitar 34 juta tahun. Temuan tersebut sangat jarang terjadi dan biasanya tidak melebihi ukuran 1 cm.

"Amber dengan indahnya mengawetkan organ halus fosil bunga selama jutaan tahun. Namun, inklusi bunga jarang terjadi dan biasanya tidak melebihi 10 mm," tulis peneliti.

"Di sini kami melaporkan bunga yang sangat besar dari amber Baltik Eosen akhir, berukuran 28 mm, yang kira-kira tiga kali lebih besar dari kebanyakan inklusi bunga."

Fosil ini dideskripsikan lebih dari 150 tahun yang lalu sebagai Stewartia kowalewskii (Theaceae) dan tidak pernah direvisi. Kelangkaan inklusi bunga berukuran besar tersebut kemungkinan disebabkan oleh ukuran curahan resin dan sifat-sifatnya yang dapat mempengaruhi penempelan organ tumbuhan.

Symplocos kowalewskii yang berukuran 2,8 cm (1,1 inci), merupakan fosil yang sekitar tiga kali lebih besar dari kebanyakan inklusi bunga.

Temuan tersebut telah diterbitkan di jurnal Scientific Reports baru-baru ini dengan judul "The largest amber-preserved flower revisited."

Amber mengawetkan organisme secara tiga dimensi dan dengan ketelitian yang tinggi, termasuk artropoda, jamur, lumut kerak, serta inklusi kecil tanaman berbiji, seperti daun, bunga, catkin, dan serbuk sari.

Inklusi ini dinyatakan langka dari catatan fosil dan karena itu dapat menghasilkan wawasan baru ke dalam ekosistem purba mulai dari Trias hingga Kenozoikum.

Sementara inklusi arthropoda paling melimpah, inklusi tumbuhan umumnya jarang. Hanya 1-3% dari semua inklusi dari amber Baltik yang berasal dari tumbuhan.

Symplocos kowalewskii sekitar tiga kali lebih besar dari kebanyakan inklusi bunga. (Sadowski & Hofmann)

Meskipun pelestariannya yang luar biasa sering memungkinkan penetapan genus atau bahkan spesies, sebagian besar inklusi amber botani berukuran kecil.

Misalnya, inklusi bunga dari amber Baltik sebagian besar berkisar antara beberapa milimeter dan berukuran sekitar 1,5 cm (0,6 inci).