Mengenal Dewa Siwa, Tugasnya Hingga Memenggal Kepala Ganesha

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 16 Januari 2023 | 13:00 WIB
Siwa, jadi salah satu dewa tertinggi dalam agama Hindu. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Siwa adalah dewa yang memiliki peranan penting dalam agama Hindu. Dewa Siwa termasuk dalam tiga dewa tertinggi atau utama dan paling dimuliakan daripada dewa lainnya, yang disebut Trimurti. Ketiga dewa ini ialah dewa Brahma (pencipta), dewa Wisnu (pemelihara), dan dewa Siwa (penghancur).

Dewa Siwa dikenal sebagai dewa penghancur, perusak, dan nafsu. Meski memiliki kesan negatif, sejatinya dia adalah pengubah dan pencipta ulang. Dewa Siwa menghabiskan waktunya untuk bermeditasi di Himalaya di atas permadani kulit harimau. Sering terlihat mengolesi dirinya dengan abu dan mengunjungi tempat kremasi.

Menurut tradisi Hinduisme Siwa, Siwa berdiri sebagai dewa tertinggi dan lahir sendiri (svayambhu), tanpa ibu atau ayah. Ia menikah dengan dewi gunung, Parvati, dan memiliki dua putra, Ganesha berkepala gajah dan Skanda, dewa perang.

Siwa sering digambarkan memegang trisula (trishula) dan menunggang bantengnya, Nandi. Dia adalah dewa lawan, sekaligus pertapa dan erotis, dewa yang menyia-nyiakan dunia sehingga ciptaan dapat tumbuh kembali secara utuh. Pernah menjadi dewa maskulin, ia berfungsi sebagai pasangan jantan dari kekuatan feminin (shakti) istrinya, Parvati. Dia dikaitkan dengan Soma ambrosia ilahi dan simbol lingga seperti ular dan lingga.

Kelahiran dan Pemenggalan Kepala Ganesha

Siwa tidak sepenuhnya meninggalkan pertapaannya setelah menikah dengan dewi Parvati. Suatu ketika, ketika sang dewa sedang pergi ke salah satu dari banyak tempat meditasinya di pegunungan, Parvati menginginkan seorang pelayan surgawi yang akan melayani Parvati dan Siwa dengan sempurna. Dia kemudian menyeka kotoran dari tubuhnya saat mandi dan membentuk patung.

Dewi Parwati lantas bermeditasi sambil berkata, “Kamu adalah putraku. Kamu adalah milikku. Saya tidak punya orang lain untuk disebut milik saya.” Hiduplah patung itu dan diberi nama Ganesha.

Tidak seperti anak lainnya yang harus melewati fase seorang bayi, Ganesha sudah langsung Dengan dewa yang baru lahir sudah lengkap dan berpakaian, dia mengirimnya untuk melayani sebagai penjaga gerbang rumah dan menyuruhnya untuk tidak membiarkan siapa pun masuk ke kamarnya.

Beberapa waktu kemudian, Siwa tiba-tiba kembali dari meditasinya. Ganesha mengikuti perintah ibunya dan menolak masuk. Dia bahkan melangkah lebih jauh dengan memukul Siwa dengan tongkat untuk mengusirnya. Bahkan setelah Shiva memberi tahu bocah itu bahwa dia adalah suami Parvati, Ganesha menolak untuk mengalah dan memukul Shiva lagi dengan tongkatnya. Maklum, marah karena diusir dari rumahnya sendiri, Siwa memenggal kepala Ganesha dengan trisulanya.

Baca Juga: Mengenal Kisah Naga Sadhu, Petapa Suci dan Sakti Pengikut Dewa Siwa

Baca Juga: Fakta Dewa Krishna Umat Hindu India Ternyata Punya 16.018 Istri

Baca Juga: Mari Menelisik Asal Usul Yoga, Berasal dari Budaya India Kuno