Mitologi Yunani: Iphicles, Kembaran Hercules Beda Ayah Satu Ibu

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 16 Januari 2023 | 15:00 WIB
Dalam mitos, putri Yunani Alcmena melahirkan anak laki-laki secara bersamaan dari ayah yang berbeda: (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Hercules, demigod perkasa Yunani kuno ternyata memiliki kembaran bernama Iphicles. Banyak yang tidak tahu bahwa Hercules memiliki saudara laki-laki, apalagi memiliki saudara kembar. Uniknya, mereka lahir hanya terpisah satu malam.

Meskipun kembar, mereka memiliki karakteristik dan kepribadian yang berbeda karena Hercules abadi, dan Iphicles tidak. Mitologi Yunani selalu menghadirkan cara yang menarik untuk menghubungkan hubungan dalam sebuah keluarga.

Iphicles dan Hercules melakukan beberapa ekspedisi dan petualangan bersama dan tetap dekat satu sama lain sampai kematian Iphicles, yang sangat menyakiti Hercules. Iphicles dan Hercules keduanya terwakili dalam seni Yunani dan pahatan relief, tetapi Hercules memiliki lebih banyak karya yang berfokus langsung padanya, seperti dilansir Theoi.

Silsilah Keluarga Hercules dan Iphicles

Hercules memiliki kembaran bernama Iphicles. (NYC Metropolitan Museum of Art)

Hercules dan Iphicles memiliki ibu yang sama, Alcmene, tetapi ayah yang berbeda. Ayah Hercules adalah Zeus, dan ayah Iphicles adalah Amphitryon. Hercules dan saudara laki-lakinya adalah saudara kembar dalam mitologi, meskipun, menurut definisi, mereka tidak dalam pengertian istilah saat ini. Mitologi Yunani selalu memiliki kejadian aneh seperti ini, dan silsilah keluarga para dewa sama sekali tidak biasa. Silsilah keluarga Hercules tidak diragukan lagi rumit.

Jadi, Hercules dan Iphicles memiliki ayah yang berbeda, satu, Zeus, pemimpin para dewa Olympus. Di sisi lain, ayah Iphicles adalah Amphitryon, seorang manusia, yang bukan dewa. Sejauh menyangkut ibu mereka, Alcmene, dia adalah cucu dari Perseus; padahal Perseus juga dikatakan sebagai salah satu anak Zeus.

Terlepas dari itu, Hercules dan Iphicles adalah saudara kembar, dan tampaknya Hercules selalu sedikit lebih terkenal karena kekuatan yang diperolehnya dari Zeus, tidak seperti Iphicles, yang merupakan seorang dewa.

Iphicles Pernikahan dan Anak

Iphicles menikah dengan Automedusa dan memiliki seorang putra, Iolaus. Anaknya kemudian menjadi pahlawan dan salah satu Argonaut. Argonauts adalah sekelompok pahlawan yang melakukan pencarian untuk mengambil Bulu Emas dari Colchis.

Iphicles dan Hercules

Ketika Iphicles dan Hercules masih kecil, mereka menghadapi serangan ular yang dikirim oleh Dewi Hera, istri Zeus. Hera mengancam nyawa banyak anak yang dimiliki Zeus dengan wanita dan Dewi lain, jadi ini bukan hal baru baginya. Ular yang dikirim Hera berhasil sampai ke anak laki-laki itu tetapi tidak bertahan lama melawan kekuatan Hercules saat dia melindungi saudara laki-lakinya yang ketakutan. Ancaman Hera kemudian membuat Hercules menjadi gila, dan dia melampiaskan rasa sakitnya pada dua anaknya, yang meninggal akibat kegilaannya.