Lingkungan yang Lebih Hijau Berdampak pada Komposisi Gula dalam ASI

By Ricky Jenihansen, Kamis, 19 Januari 2023 | 15:00 WIB
Proporsi lingkungan hijau yang lebih besar dikaitkan dengan peningkatan keanekaragaman komposisi oligosakarida dalam ASI. (Alamy)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru dari University of Turku, Finlandia menemukan bahwa lingkungan yang lebih hijau berdampak pada komposisi gula dalam Air Susu Ibu (ASI). Pada akhirnya, hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan bayi.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa keanekaragaman dan proporsi lingkungan hijau yang lebih besar di daerah pemukiman dikaitkan dengan peningkatan keanekaragaman komposisi oligosakarida dalam ASI.

Oligosakarida adalah molekul gula yang merupakan komponen terbanyak dalam ASI setelah laktosa dan lemak. Sejauh ini, sekitar 200 oligosakarida telah ditemukan dan membentuk kelompok yang sangat serbaguna dari berbagai jenis struktur kompleks.

Oligosakarida dalam ASI dapat melindungi bayi dari mikroba berbahaya dan mengurangi risiko alergi dan penyakit. Oligosakarida juga terkait erat dengan sistem kekebalan tubuh dan mikrobiota usus yang juga berdampak pada kesehatan bayi.

Temuan tersebut telah diterbitkan di Scientific Reports dengan judul "Residential green environments are associated with human milk oligosaccharide diversity and composition."

“Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa faktor genetik dan biologis, seperti obesitas ibu, dapat mengubah komposisi oligosakarida dalam ASI," kata Ajun Profesor Mirkka Lahdenperä dari Departemen Biologi di University of Turku.

"Tujuan kami adalah untuk mempelajari bagaimana lingkungan hidup hijau memengaruhi komposisi oligosakarida dalam ASI, karena lingkungan yang lebih hijau ditemukan memiliki dampak menguntungkan pada kekebalan dan mengurangi risiko penyakit pada anak-anak."

Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan hubungan yang lebih dekat dengan alam dapat mempengaruhi kesehatan anak melalui ASI.

"Paparan yang meningkat terhadap lingkungan yang lebih hijau telah disarankan untuk mengarah pada manfaat kesehatan pada anak-anak," tulis peneliti.

Oligosakarida dalam ASI dapat melindungi bayi dari mikroba berbahaya dan mengurangi risiko alergi dan penyakit. (MDPI)

"Tetapi mekanisme yang terkait pada awal kehidupan, terutama melalui mediator biologis seperti komposisi susu ibu yang berubah, sebagian besar masih belum dijelajahi."

Sekitar 800 ibu berpartisipasi dalam studi tindak lanjut longitudinal, Studi STEPS, yang dimulai di University of Turku pada tahun 2007. Sampel ASI dikumpulkan saat bayi berusia tiga bulan, setelah itu komposisi oligosakarida dianalisis di Bode Lab. di California University, San Diego.