Perubahan Iklim Bukan Satu-satunya Ancaman bagi Spesies yang Rentan

By Ricky Jenihansen, Jumat, 20 Januari 2023 | 09:00 WIB
Para ilmuwan mengungkap tentang efek penggundulan hutan pada dua spesies lemur di Madagaskar. (Lemur Conservation)

Nationalgeographic.co.id—Perubahan memang merupakan salah satu ancaman terbesar bagi ekosistem Bumi yang sudah tertekan, tapi itu bukan satu-satunya ancaman paling parah saat ini untuk semua spesies, menurut studi baru.

Dalam penelitian yang telah diterbitkan di Nature Climate Change itu, para ilmuwan mengungkap tentang efek penggundulan hutan pada dua spesies lemur di Madagaskar.

Toni Lyn Morelli di Pusat Sains Adaptasi Iklim Timur Laut Survei Geologi AS di University of Massachusetts Amherst dan tim peneliti internasional menunjukkan bahwa spesies di seluruh dunia sekarang menghadapi tekanan bersamaan di banyak bidang .

Ini termasuk degradasi dan fragmentasi habitat, pemanenan berlebihan, perburuan berlebihan, spesies invasif dan polusi selain perubahan iklim, meskipun yang terakhir mendapat perhatian khusus karena

"Jangkauan globalnya, kemampuan untuk membentuk kembali seluruh ekosistem dan berpotensi berdampak pada area yang dilindungi."

Untuk memahami ancaman ini, mereka membuat model efek penggundulan hutan dan perubahan iklim pada dua spesies lemur yang terancam punah di genus Varecia selama abad berikutnya.

"Karena peran penting mereka sebagai penyebar benih berbadan besar terakhir di Madagaskar dan kepekaan mereka terhadap hilangnya habitat, lemur ruffed berfungsi sebagai indikator penting kesehatan hutan hujan," kata rekan penulis Andrea Baden dari Hunter College CUNY, New York.

Beberapa baoba Madagaskar kesulitan menyebarkan benihnya setelah kepunahan spesies kura-kura. (Vaclav Sebek/Shutterstock)

"Lemur ruffed dan hutan hujan saling bergantung satu sama lain. Hapus satu dan sistem akan runtuh."

Melakukan apa yang disebut Morelli sebagai "upaya besar-besaran", dia dan 21 rekannya menggabungkan data selama 88 tahun untuk melaporkan bagaimana penggundulan hutan akan memengaruhi lemur ruffed.

Morelli, yang melakukan pekerjaan doktoralnya di Madagaskar, mengatakan anggota tim melakukan penelitian di ribuan lokasi di pulau ini di lepas pantai tenggara Afrika dengan berbagai dukungan pemerintah, yayasan, dan akademik.

Mereka memperkirakan bahwa habitat hutan hujan yang cocok dapat dikurangi sebanyak 59% dari deforestasi, sebanyak 75% dari perubahan iklim saja, dan hampir seluruhnya hilang dari keduanya sebelum tahun 2080.