Sejarah, Cinta Hingga Pertempuran di Perang Troya Yunani Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 20 Januari 2023 | 17:00 WIB
Perang Troya adalah salah satu kisah terbesar dalam sejarah kuno. Tapi apakah legenda itu nyata? (History extra)

Nationalgeographic.co.id—Salah satu kisah paling terkenal yang pernah dinarasikan di Homer Illiad adalah Perang Troya. Sejauh ini, Perang Troya merupakan perang terbesar dalam mitologi klasik. Perang Troya terjadi selama Zaman Perunggu. Perang ini terjadi akibat sebuah konflik antara dua kerajaan, Mycenaean Yunani dan Troy. Pertempuran juga telah menarik imajinasi selama ribuan tahun.

Peristiwa Perang Troya dapat ditemukan dalam berbagai literatur Yunani dan digambarkan dalam beberapa karya seni Yunani. Namun, tidak ada satu pun teks otoritatif yang menceritakan semua peristiwa yang terjadi selama perang. Sebaliknya, sebuah cerita dapat dikumpulkan dari beberapa sumber, beberapa di antaranya menceritakan versi peristiwa yang saling bertentangan. Jadi, mengapa Perang Troya terjadi?

Thetis dan Peleus

Penyebab Perang Troya kembali ke ramalan yang berhubungan dengan tatanan Olympian dan persaingan cinta ilahi. Bertahun-tahun sebelum dimulainya Perang Troya, baik Poseidon maupun Zeus jatuh cinta pada bidadari laut yang cantik, Thetis.

Dikutip Theoi, keduanya ingin menjadikan Thetis sebagai istrinya, tetapi mereka berdua mundur setelah diberi tahu tentang konsekuensi dari tindakan yang mereka pertimbangkan. Dikatakan bahwa Thetis sang dewi laut telah ditakdirkan untuk melahirkan seorang putra pangeran, seorang putra yang akan lebih kuat dari ayahnya, dan akan memiliki senjata di tangannya yang akan lebih kuat daripada trisula atau halilintar jika dia adalah. untuk berbaring dengan Zeus atau salah satu saudaranya.

Zeus tidak ingin mengambil risiko apa pun, jadi dia memutuskan bahwa Thetis akan menikah dengan Raja Peleus, orang paling saleh yang tinggal di dataran Iolcus.

Rencana Zeus

Zeus menjadi raja para dewa dengan menggulingkan ayahnya, Cronus. Zeus tidak setia kepada istri dan saudara perempuannya, Hera. Dia memiliki begitu banyak hubungan sehingga dia menjadi ayah dari banyak anak.

Zeus percaya bahwa bumi kelebihan penduduk oleh manusia, jadi dia berpikir bahwa Perang Troya dapat digunakan untuk mengosongkan Bumi, terutama anak-anak dewanya. Zeus kemudian datang untuk belajar dari Prometheus atau Themis bahwa suatu hari dia akan digulingkan, seperti ayahnya. 

Sebelumnya, ramalan menyatakan bahwa putra dewi laut akan menjadi lebih kuat daripada ayahnya. Mungkin karena kedua alasan ini, Thetis dibuat menikah dengan seorang raja manusia tua, Peleus, atas perintah Zeus.

Pengadilan Paris

Sekarang setelah suami Thetis diketahui, Zeus memutuskan untuk mengadakan pesta besar untuk merayakan pernikahan Thetis dan Peleus. Ini adalah awal dari Perang Troya.