Hera: Masa Kecil Ditelan Ayah Sendiri, Saat Menikah Diselingkuhi Zeus

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 20 Januari 2023 | 16:30 WIB
Hera adalah dewi pernikahan, wanita dan persalinan di mitologi Yunani kuno. Dia bertanggung jawab atas kesejahteraan wanita dan anak-anak. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id—Hera ratu para dewa Yunani dan istri Zeus lahir di Samos, sebuah pulau di Laut Aegean bagian timur, tak jauh dari pantai Turki modern. Kisah aneh tentang kelahirannya paling banyak diceritakan terkenal dalam Teogoni Hesiod. Adapun tempat kelahirannya yang legendaris, Samos adalah salah satu dari dua situs terbesar di dunia Yunani kuno untuk pemujaan Hera yang lainnya adalah Argos di Mycenae di Peloponnesus) dan rumah bagi Heraion, kuil Hera terbesar di dunia.

Pemujaan Hera memiliki akar yang sangat dalam di Samos yang membentang hingga pertengahan milenium kedua SM. Jadi tidak heran orang Yunani kuno akan membayangkan Samos sebagai tempat kelahirannya. Berikut kisah lengkap kelahiran  Hera.

Kelahiran Hera

Dalam Teogoni Hesiod, Hera adalah putri Kronos dan Rhea, raja dan ratu para Titan. Para Titan sendiri adalah keturunan dari dewa utama Gaia (Bumi) dan Uranus (Langit). Menurut catatan Hesiod, Rhea melahirkan enam dewa Olympian yang menguasai dunia, termasuk Hera, Poseidon, Hades, Demeter, dan Histia bersama-sama, dan kemudian Zeus.

Bagian yang sangat aneh dari cerita ini adalah bahwa ayah mereka, Kronos, menelan lima anak pertama, termasuk Hera, setelah mereka keluar dari rahim Rhea. Tujuan Kronos adalah untuk mencegah terpenuhinya ramalan bahwa salah satu anaknya akan merebut Tahta Keabadiannya di Gunung Olympus dan menggulingkannya. Dapat dimengerti bahwa Rhea sangat tertekan melihat anak-anaknya dilahap oleh suaminya.

Saat Zeus lahir, dia dengan cepat mengganti bayi itu dengan batu, dan Kronos dengan tergesa-gesa menelan umpan itu tanpa mengetahui perbedaannya. Rhea kemudian diam-diam mengasuh Zeus sampai dia cukup kuat untuk merebut Tahta, mengusir para Titan dari Olympus, dan kemudian mengalahkan para Titan untuk selamanya setelah perang yang sengit (Perang Para Titan).

Untungnya bagi Hera dan para Olympian lainnya, mereka tidak ditakdirkan untuk binasa di dalam perut ayah mereka. Kronos diberi ramuan yang membuatnya memuntahkan anak-anak yang telah lama ditahan di dalam dirinya. 

Pulau Samos

Selama masa kejayaannya di tahun 500-an dan 400-an SM, Samos adalah pusat agama, budaya, ekonomi, militer, dan politik yang penting. Selain kuil Hera yang luar biasa, tempat ini juga terkenal dengan anggur dan angkatan lautnya. Itu adalah pusat pembuatan kapal penting, dan angkatan lautnya dari kapal perang trireme menjadi salah satu yang terbesar dan paling kuat di Laut Aegea. Samos juga merupakan rumah bagi filsuf besar Pythagoras, sekarang paling terkenal karena Teorema Pythagoras tetapi  lebih signifikan untuk pengembangan peradaban Barat, pengaruh besar pada Plato.

Selain semua ini, Samos adalah anggota penting dari Liga Delian, aliansi pertahanan pimpinan Athena yang dibentuk setelah Perang Persia untuk menangkal serangan Persia lebih lanjut. Liga Delian berubah menjadi Kekaisaran Athena, yang mulai menuntut upeti berat dari negara-negara anggota. Samos berusaha untuk meninggalkan Liga tetapi dipaksa kembali tunduk setelah pengepungan oleh Athena, kemudian di bawah kepemimpinan yang besar, Pericles.

Baca Juga: Kehidupan Hercules Jadi Anak Zeus yang Sengsara Akibat Ulah Hera

Baca Juga: Mitologi Yunani: Hera Menggulingkan Zeus, Dendam Gara-gara Selingkuh