Sejarah Lahirnya Astrologi dan Zodiak, Berasal dari Yunani Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 22 Januari 2023 | 12:00 WIB
Sejarah lahirnya astrologi dan zodiak berasal dari Yunani kuno. (Pexels)

Nationalgeographic.co.id – Astrologi berasal dari zaman kuno. Tidak ada gagasan pasti tentang siapa yang pertama kali mengemukakan itu, tetapi salah satu daerah asli yang membuat astrologi populer di kalangan masyarakatnya adalah Yunani. 

Konsep hubungan antara posisi bintang dan nasib seseorang merupakan gagasan yang banyak diminati. Seperti yang Anda ketahui, sejarah dan tradisi Yunani memiliki dampak yang signifikan terhadap masyarakat modern termasuk budaya barat.

Pembacaan astrologi dan horoskop adalah bagian besar dari pengaruh ini. Hingga sekarang, astrologi terus menjadi subjek yang dieksplorasi di Amerika dan negara lain di seluruh dunia. Astrologi adalah gagasan yang akan selalu ada karena kemisteriusan dan prediksi akuratnya yang misterius. 

Orang Yunani dan Bintang

Dilansir Theoi, orang-orang Yunani kuno selalu terpesona oleh bintang-bintang dan benda langit lainnya di langit malam. Meskipun astrologi tentang menentukan kepribadian atau keberuntungan seseorang, astrologi membutuhkan pengetahuan tentang posisi bintang dan planet; astronomi merupakan aspek penting dari astrologi. Untuk membuat prediksi menggunakan luar angkasa, Anda harus terlebih dahulu mengetahui tentang alam semesta itu sendiri dan semua isinya, setidaknya yang dapat Anda lihat dari permukaan Bumi.

Filsuf sejarah dari Yunani kuno memainkan peran besar dalam apa yang kita ketahui sekarang tentang bulan, bentuk Bumi, posisi Bumi di galaksi, dan posisi rasi bintang serta bagaimana mereka bergerak sepanjang tahun.

Filsuf Yunani seperti Empedocles dan Anaxagoras berteori tentang bentuk Bumi, dan Aristarchus memperkirakan ukurannya, keduanya membangun gagasan mereka dari perhitungan yang dibuat selama gerhana bulan. 

Akan tetapi para filsuf dan astronom Yunani lainnya menentukan jalur orbit planet-planet dan korelasinya dengan bintang-bintang di sekitarnya, yang merupakan penemuan terpenting karena para astrolog dapat menggunakan informasi ini untuk membuat prediksi yang lebih akurat. Astrolog Yunani membutuhkan kemampuan untuk mengetahui kapan konstelasi dan planet akan berada di langit.

Horoskop Yunani Pertama

Horoskop bukanlah hal baru dalam astrologi. Di Yunani kuno, peramal membuat horoskop untuk orang kaya dan raja, yang merupakan satu-satunya orang yang mampu membayar kemewahan menyewa peramal. Horoskop pada masa itu sangat mirip dengan keadaan sekarang, yaitu menyajikan prediksi hari, minggu, bulan, atau tahun berdasarkan posisi konstelasi zodiak klien di langit malam hari mereka dilahirkan.

Saat ini, banyak horoskop mungkin tidak sepenuhnya akurat karena prediksi palsu yang dibuat oleh orang-orang yang mencari uang, atau yang tidak memiliki banyak pengalaman dalam astrologi; tetapi di Yunani kuno, astrologi adalah profesi terpelajar yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dipelajari dan disempurnakan oleh para filsuf, itu dianggap sangat serius.

Baca Juga: Dibantah Sains, Tapi Kenapa Masih Ada yang Ingin Percaya Astrologi?