Kemurkaan Demeter pada Hades, Awal Terjadinya Pergantian Musim di Bumi

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 22 Januari 2023 | 16:00 WIB
Penculikan Persephone oleh Hades. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id – Dalam mitologi Yunani kuno, kisah Demeter dan Persephone menceritakan tentang hubungan mendalam yang dimiliki seorang ibu dengan putrinya. Selain itu, juga menceritakan kisah seorang gadis muda yang sudah dewasa dan jatuh cinta dengan dewa kegelapan dunia bawah, Hades

Ini adalah kisah tentang cinta, hubungan, ikatan keluarga, kesedihan, kehilangan, dan pembaruan harapan. Seperti apa kisahnya?

Kisah Demeter dan Persephone

Menurut legenda, Hades jarang berkelana keluar dari dunia bawah. Namun, beberapa kali melakukannya dan bertemu dengan Persephone. 

Dari saat dia pertama kali melihat Persephone, Hades tertarik pada putri Zeus dan Demeter. Jadi, Hades pergi ke saudaranya Zeus untuk berkonsultasi dengannya. Zeus sebelumnya telah menjanjikan Hades salah satu putrinya untuk dinikahi. Ketika Hades memberitahunya bahwa dia ingin menikahi Persephone, Zeus menurutinya.

Namun, dia tahu bahwa ibu Persephone, Demeter, tidak akan pernah mengizinkan putrinya menikah dengan dewa kegelapan dunia bawah. Hades patah hati karena dia tidak akan pernah bisa memiliki Persephone sebagai istrinya. Jadi, kedua bersaudara itu membuat rencana yang akan membuatnya menikah dengan wanita yang sangat dicintainya.

Keesokan paginya, Demeter dan putrinya turun ke bumi. Keduanya sangat dekat seperti kebanyakan ibu dan anak perempuan ketika anak perempuan mulai bertransisi menjadi wanita dewasa.

Demeter adalah dewi pertanian, biji-bijian, dan panen yang memberi kehidupan. Dia memberi manusia tanaman, makanan, dan sayuran. Dia juga memberi mereka kemampuan untuk menanam gandum.

Demeter menunjukkan kepada mereka cara menanam benih, merawatnya, dan memanennya. Dia bahkan mengajari mereka cara menggiling biji-bijian untuk menghasilkan tepung, yang bisa mereka ubah menjadi roti. Demeter meninggalkan putrinya dengan bidadari laut untuk menjaganya sementara dia pergi untuk melakukan tugas duniawinya.

Zeus tahu bahwa bidadari tidak akan pernah melepaskan Persephone dari pandangan mereka karena takut akan kemarahan Demeter. Jadi, dia menyuruh Gaia menanam bunga bakung yang mempesona di taman terdekat. Saat Persephone menjauh dari ibunya dan pergi ke taman, dia melihat bunga itu dan langsung tertarik pada keindahannya.

Penculikan

Tidak lama setelah dia membungkuk untuk mengambilnya, tanah di bawah kakinya mulai berguncang dan retakan menganga segera muncul. Saat retakan melebar, Hades dan kereta kuda hitamnya muncul dari sana dan mulai menyerbu ke arah Persephone.