Kuil Parthenon, Persembahan dari Bangsa Yunani Untuk Dewi Athena

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 24 Januari 2023 | 16:00 WIB
Kuil Parthenon dibuat untuk dewi Athena. (World History)

Nationalgeographic.co.id—Athena adalah salah satu dewi Olympian dalam mitologi Yunani. Athena bukanlah dewa terkuat, seperti Zeus, tetapi salah satu dewi yang cerdas dengan strategi perang dan pertempuran.

Athena menggunakan kekuatan dan pengetahuannya untuk membantu banyak pahlawan dan dewa Yunani, terutama karena istri Zeus, Hera, mengejar sebagian besar dari mereka yang menjadi anak dari gundik Zeus. Hera membiarkan kecemburuannya menjadi penyebab kematian banyak tokoh dalam mitologi Yunani.

Terlepas dari hal tersebut, Athena sangat dihormati bahkan kuil Parthenon dipersembahkan untuknya karena telah melindungi kota Athena.

Kuil megah Parthenon dibangun antara 447 dan 432 SM di Zaman Pericles. Kuil itu dibangun untuk menampung patung dewi kolosal baru oleh Pheidias dan untuk mengumumkan kepada dunia keberhasilan Athena sebagai pemimpin koalisi pasukan Yunani yang telah mengalahkan tentara Persia yang menyerang Darius dan Xerxes. Kuil itu akan tetap digunakan selama lebih dari seribu tahun, dan meskipun kerusakan waktu, ledakan, penjarahan, dan kerusakan polusi pada marmer putihnya, Parthenon masih mendominasi kota modern Athena, kesaksian yang luar biasa akan kemuliaan dan kemasyhuran serta dinikmati sepanjang zaman kuno.

Asal Usul Parthenon

Nama Parthenon berasal dari salah satu dari banyak julukan Athena yaitu Athena Parthenos, yang berarti Perawan. Parthenon berarti 'rumah Parthenos' yang merupakan nama yang diberikan pada abad ke-5 SM ke ruang di dalam kuil yang menyimpan patung kultus. Kuil itu sendiri dikenal sebagai mega neos atau 'kuil besar' atau alternatifnya sebagai Hekatompedos neos, yang mengacu pada panjang ruang dalam: 100 kaki kuno.

Simbolisme Dewi Athena 

Athena, dewi perang dan kebijaksanaan. (Dimitrios P)

Athena adalah dewi perang, kebijaksanaan dan kerajinan tangan. Penggambaran khas Athena menunjukkan dia dalam gaun atau baju besi dengan helm di kepalanya. Terkadang terdapat burung hantu bertengger di salah satu lengannya, yang merupakan simbol kebijaksanaannya yang paling menonjol. Dia juga memiliki tombak di tangan kirinya di beberapa karya seni. Simbol lainnya termasuk perisai dari kulit kambing (pelindung), kayu penggulung (poros), dan pohon zaitun (salah satu hadiahnya untuk orang Athena).

Burung Hantu Athena

Burung hantu Athena adalah salah satu simbolnya yang paling umum dalam mitologi Yunani. Burung hantu Athena melambangkan pengetahuan, kebijaksanaan, kecerdasan (wawasan), dan pengetahuan (pengetahuan besar). Kota Athena menggunakan burung hantu untuk menunjukkan hubungan mereka dengan dewi, Athena, dan cinta mereka padanya. 

Baca Juga: Penemuan Kuil Zeus-Kasios di Situs Arkeologi Tell el-Farma, Mesir