Perang Troya Berlangsung Selama 10 Tahun, Penyebabnya Gara-gara Wanita

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 24 Januari 2023 | 15:00 WIB
Perang Troya di Yunani kuno. (Greeking me)

Nationalgeographic.co.id—Perang Troya adalah serangkaian pertempuran besar yang terjadi antara Yunani dan Troya sekitar abad ke-13 SM.

Menurut cerita dari Homer's Iliad, itu adalah perang terbesar pada masanya yang mencakup banyak pejuang teladan dan bahkan beberapa dewa Yunani yang ikut campur. Namun banyak juga yang menganggap perang Troya hanya sebatas buah pikir dan mitologi saja.

Dikutip Theoi, perang dikatakan telah berkecamuk begitu lama dan merenggut begitu banyak nyawa. Pasalnya sekuat dan sebanyak tentara Yunani, mereka sama sekali bukan tandingan pertahanan Trojan yang secara strategis diberlakukan di sekitar kota Troy.

Lalu, apa yang memicu Perang Troya? Berapa lama dan siapa yang memenangkan perang Troya? Berikut kisah perang Troya.

Bagaimana Perang Troya Dimulai?

Seluruh konflik dimulai ketika Paris, seorang pangeran Troy, bertemu dengan Helen, seorang ratu Sparta. Iliad Homer ditulis sekitar abad ke-8 SM. Menurut orang Yunani, perang terjadi pada abad ke-13 SM. Sementara Homer sendiri tidak hidup ketika perang terjadi, cerita seputar konflik adalah bagian dari tradisi lisan lama sebelum karyanya. Homer menggabungkan kisah-kisah ini dan sumber-sumber lain untuk memberikan gambaran tentang apa yang mungkin memicu perang dan bagaimana hal itu terjadi.

Menurut tradisi Yunani, perang Troya terjadi karena dua alasan utama yaitu Zeus ingin menemukan cara untuk mengurangi populasi manusia yang terus meningkat.

Namun, sebelum semua itu, ada cerita yang menyatakan bahwa semuanya terjadi sebagai akibat dari campur tangan dewa-dewa Yunani. Tiga dewi tercantik di Olympus (Athena, Aphrodite, dan Hera) sedang memperebutkan siapa di antara mereka yang paling cantik dari semuanya. Untuk seorang hakim, mereka memilih Paris muda, seorang pangeran Troy yang dikenal karena hasrat dan cintanya pada wanita cantik.

Dalam upaya untuk mencurangi pemilihan, Aphrodite berjanji kepada Paris bahwa dia akan memberinya Helen, wanita tercantik di Bumi jika dia memilihnya. Jadi dia melakukannya. Satu-satunya masalah di sini adalah Helen sudah menikah dengan Menelaus, Raja Sparta.

Saat dalam misi diplomatik ke Sparta, Paris merayu Helen yang berkat pengaruh Aphrodite, jatuh cinta padanya. Ada cerita yang saling bertentangan tentang bagaimana Helen akhirnya kembali ke Troy bersama Paris. Ada yang mengatakan bahwa Paris menculiknya, mungkin karena dia merasa bahwa dia adalah haknya sesuai dengan perjanjian yang dia buat dengan Aphrodite. Ada yang mengatakan bahwa Helen pergi atas kemauannya sendiri karena dia lebih memilih Paris daripada tiran suaminya, Menelaus.

Siapa yang Ikut dalam Perang Troya?

Menelaus, raja Sparta dan suami sah Helen, merasa sangat diremehkan oleh fakta bahwa Trojan menolak mengembalikan istrinya sehingga dia pergi ke saudaranya, Agamemnon dari Mycenae (Yunani). Menelaus memohon kepada saudaranya untuk membantunya berperang melawan Trojans atas penghinaan besar yang telah mereka berikan kepadanya. Agamemnon setuju, jadi mereka mulai mengumpulkan tentara Yunani yang besar yang mencakup beberapa kota di wilayah tersebut, seperti Sparta, Arcadia, Boiotia, Phocia, Athena, Argos, Euboia, Korintus, Kefalonia, Rhodes, Kreta, Magnesia, Cyclades.