Dunia Hewan: Kerentanan Landak Laut Merah Terhadap Perubahan Iklim

By Wawan Setiawan, Rabu, 25 Januari 2023 | 12:00 WIB
Di dunia hewan, landak laut merah adalah spesies perikanan komersial yang penting di sepanjang pantai California. (aaronnystrom)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah studi baru dunia hewan tentang landak laut merah, spesies yang bernilai komersial ini. Peneliti menyelidiki bagaimana populasi yang berbeda merespons perubahan di lingkungan mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa populasi landak laut merah di California Utara dan Selatan beradaptasi dengan kondisi lokal mereka tetapi berbeda dalam kerentanan mereka terhadap perubahan lingkungan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan akibat perubahan iklim global dan pengasaman laut.

Temuan baru, yang diterbitkan 20 Januari di jurnal Science Advances, menunjukkan bahwa populasi landak laut merah di California Selatan mungkin lebih rentan terhadap perubahan iklim daripada di California Utara. Meskipun landak laut merah di California Selatan sudah beradaptasi dengan kondisi yang lebih hangat, para peneliti menduga bahwa pemanasan lebih lanjut di lingkungan mereka mungkin lebih dari yang dapat mereka toleransi.

"Landak laut merah dari populasi California Selatan jauh lebih sensitif terhadap perubahan lingkungan daripada yang berasal dari California Utara, dan kami pikir itu mungkin karena mereka sudah mendekati semacam batas termal," kata penulis senior Kristy Kroeker, profesor ekologi. dan biologi evolusioner di UC Santa Cruz.

Penulis pertama Emily Donham memimpin penelitian ini sebagai mahasiswa pascasarjana UCSC dan sekarang menjadi sarjana postdoctoral di UC Santa Barbara. "Landak laut merah adalah spesies perikanan yang penting di sepanjang pantai kita, jadi memahami bagaimana kemungkinan mereka terkena dampak perubahan iklim sangatlah penting," katanya.

Emily Donham dan peneliti dunia hewan UCSC lainnya mempelajari bagaimana populasi landak laut merah yang berbeda merespons perubahan di lingkungan mereka. (Kate Vylet.)

Studi tersebut mengamati efek dari tiga variabel lingkungan utama di habitat pesisir landak laut merah, yaitu suhu air, oksigen terlarut, dan pH (ukuran pengasaman laut). Perubahan iklim yang didorong oleh peningkatan karbon dioksida di atmosfer menghangatkan lautan dan mengurangi kadar oksigen di dalam air, sementara peningkatan penyerapan karbon dioksida oleh air laut menyebabkan pengasaman laut.

Menurut Kroeker, sebagian besar penelitian yang melihat kemampuan beradaptasi spesies terhadap perubahan iklim telah berfokus pada satu aspek perubahan lingkungan, seperti pemanasan atau pengasaman laut. "Tetapi semua spesies yang kita khawatirkan ini tertanam di lingkungan dengan banyak variabel yang akan dipengaruhi oleh perubahan iklim," katanya.

Menggunakan jaringan sensor yang digunakan di sepanjang pantai, para peneliti pertama kali mengkarakterisasi kondisi saat ini di hutan rumput laut California utara dan selatan. Ada perbedaan besar antara perairan pantai California utara dan selatan karena upwelling musiman yang kuat di utara, yang membawa permukaan air dingin yang dingin dengan berkurangnya kadar oksigen terlarut dan pH yang lebih rendah (lebih dekat ke ujung skala asam). Upwelling pantai jauh lebih lemah di California Selatan.

Para peneliti dunia hewan menumbuhkan anak landak laut merah dari California Utara dan Selatan di tangki luar ruangan di Long Marine Laboratory UCSC, tempat mereka dapat mengontrol kondisi di setiap tangki. (Kate Vylet)

Akibatnya, populasi landak laut California Utara sudah terpapar kondisi yang lebih asam, kurang teroksigenasi, dan lebih dingin daripada perairan California Selatan. Namun, di masa depan, kedua daerah akan mengalami perairan yang lebih hangat, lebih asam, dan kurang teroksigenasi dibandingkan dengan kondisi saat ini.

Untuk mempelajari sensitivitas landak laut merah terhadap kondisi yang berubah ini, para peneliti menumbuhkan landak laut remaja dari dua daerah di tangki luar ruangan di laboratorium laut panjang UCSC, di mana mereka dapat mengendalikan kondisi di setiap tangki.

Percobaan tersebut memaparkan landak laut dari kedua populasi ke kondisi rata-rata di masing-masing dari dua daerah untuk suhu, oksigen terlarut, dan pH. Hasilnya jelas menunjukkan bahwa populasi landak laut merah disesuaikan dengan lingkungan rumah mereka dan mengalami peningkatan mortalitas ketika dinaikkan dalam kondisi yang berbeda. Landak Laut California Selatan bernasib buruk di bawah kondisi California Utara, dan sebaliknya.