Selidik Mumi Anak Emas Mesir Kuno Mengungkap 49 Jimat Tersembunyi

By Ricky Jenihansen, Rabu, 25 Januari 2023 | 14:00 WIB
Tubuh mumi remaja itu ditutupi pakis, jimat, dan topeng berlapis emas, sehingga diberi nama (S.N. Saleem et al.)

Nationalgeographic.co.id—Para arkeolog dari Cairo University, Mesir telah mengungkap keberadaan harta karun tersembunyi dari 49 jimat, sebagian besar terbuat dari emas. Mereka menyelidiki secara terperinci menggunakan Computed tomography (CT scan) dari mumi yang disebut Golden Boy atau anak emas.

Temuan mereka tersebut telah dijelaskan dan dipublikasikan di jurnal Frontiers of Medicine pada 24 Januari 2023 dengan judul "Scanning and three-dimensional-printing using computed tomography of the “Golden Boy” mummy."

Dijelaskan, bahwa mumi muda itu mendapat julukan karena tampilan kekayaan yang mempesona, termasuk topeng kepala berlapis emas yang ditemukan di sarkofagus mumi.

Para peneliti memperkirakan, mumi tersebut berusia sekitar 14 atau 15 tahun ketika dia meninggal karena gigi bungsunya belum muncul.

Mumi The Golden Boy awalnya digali pada tahun 1916 di sebuah pemakaman di Mesir selatan dan telah disimpan di ruang bawah tanah Museum Mesir di Kairo sejak saat itu.

Mumi itu "dibaringkan di dalam dua peti mati, sebuah peti mati luar dengan tulisan Yunani dan sarkofagus kayu bagian dalam," menurut sebuah pernyataan.

Saat menganalisis pemindaian, para peneliti menemukan bahwa lusinan jimat, yang terdiri dari 21 bentuk dan ukuran berbeda, ditempatkan secara strategis di dalam atau di dalam tubuhnya.

Itu termasuk "jimat dua jari di sebelah penis (anak laki-laki) yang tidak disunat, scarab hati emas ditempatkan di dalam rongga dada dan lidah emas di dalam mulut," menurut pernyataan itu.

Mumi itu juga mengenakan sepasang sandal, dan karangan bunga pakis disampirkan di tubuhnya, menurut pernyataan itu.

"Mumi ini adalah sebuah karya kepercayaan Mesir tentang kematian dan kehidupan setelah kematian selama periode Ptolemeus," kata Sahar Saleem, penulis utama studi dan seorang profesor radiologi di Fakultas Kedokteran, Cairo University di Mesir, kepada Live Science.

Sementara para peneliti tidak yakin dengan identitas asli mumi tersebut, berdasarkan barang-barang kuburan saja, mereka mengira dia berstatus sosial ekonomi tinggi.

Serangkaian gambar dari penelitian, termasuk CT scan yang (S.N. Saleem et al.)