Perubahan Iklim Mengancam Status 'Negara Kepulauan' Indonesia

By Utomo Priyambodo, Kamis, 26 Januari 2023 | 11:00 WIB
Peta Indonesia. Status negara kepulauan Indonesia terancam oleh perubahan iklim. (Lutfi Fauziah)

Nationalgeographic.co.id—Perubahan iklim telah menyebabkan permukaan air laut global terus meningkat. Kenaikan permukaan air laut ini tentu saja mengancam keberadaan banyak pulau di dunia, bahkan juga status "negara kepulauan" seperti Indonesia.

Tahun lalu, Badan Riset dan Inovasi Nasional memprediksi setidaknya ada 115 pulau di Indonesia yang bakal tenggelam pada tahun 2100 akibat kenaikan muka air laut dan penurunan muka tanah. Dita Liliansa, peneliti di Centre for International Law (CIL), National University of Singapore (NUS), menegaskan Indonesia harus mewaspadai laporan Panel antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) terbaru yang menyatakan bahwa muka air laut global terus meningkat.

"Sebagai negara kepulauan yang terdiri dari 17 ribu pulau dengan 80 ribu kilometer garis pantai, Indonesia harus mewaspadai laporan ini. Pasalnya, kenaikan muka air laut dapat menjadi ancaman bagi keutuhan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan (archipelagic state)," tulis Dita di The Conversation.

Negara kepulauan adalah konsep hukum internasional hasil upaya diplomasi Indonesia beserta negara kepulauan lainnya selama puluhan tahun. Pada 1982, konsep negara kepulauan tersebut akhirnya diakui dan diadopsi dalam Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa Bangsa (UNCLOS).

Beberapa pulau terluar di tanah air mungkin tidak berpenghuni. Namun, pulau-pulau tersebut memegang nilai strategis yang penting karena menjadi patokan dalam penentuan batas wilayah perairan Indonesia.

Pertanyaannya, ketika sejumlah pulau terluar Indonesia tenggelam, apakah Indonesia masih bisa mempertahankan keutuhan wilayahnya sebagai negara kepulauan?

Masjid Wal Adhuna Muara Baru, Jakarta Utara tertutup air laut karena turunnya tanah dan naiknya muka air laut. Akses menuju masjid mulai ditutup oleh tanggul laut untuk melindungi warga dari air rob. Perubahan iklim adalah sebuah keniscayaan. Kita bisa memperlambat dampaknya dengan bergaya hidup ram (Donny Fernando/National Geographic Indonesia)

Dita menjelaskan bahwa selama ini konsep negara kepulauan amat menguntungkan Indonesia. Pasalnya, UNCLOS membolehkan Indonesia mengklaim kedaulatan terhadap seluruh wilayah perairan yang berada di antara belasan ribu pulau-pulaunya. Artinya, dengan kedaulatan tersebut, Indonesia memiliki hak eksklusif terhadap seluruh sumber daya di dalam ataupun di dasar perairan tersebut.

"Sebelum UNCLOS, perairan di antara pulau-pulau Indonesia adalah perairan internasional, di mana warga negara lainnya memiliki kebebasan di laut (freedom of the high seas) untuk mengeksplorasi dan mengeksploitasi kawasan tersebut," papar Dita.

Adapun titik awal penentuan batas wilayah suatu negara kepulauan ditandai dengan penentuan garis khusus yang disebut archipelagic baseline (garis pangkal kepulauan). Garis ini dibuat dengan menghubungkan titik-titik terluar yang disebut basepoints. Titik tersebut haruslah berada di pulau ataupun karang (drying reefs) terluar.

Baca Juga: Siapakah Pemenang dan Pecundang Setelah Ujian Perubahan Iklim?

Baca Juga: Bagaimana Perubahan Iklim Bisa Menyebabkan Banjir Parah di Indonesia?