Tanaman Predator Ternyata Lebih Banyak Makan Kotoran Daripada Serangga

By Ricky Jenihansen, Senin, 30 Januari 2023 | 12:00 WIB
Sampel spesies Nepenthes di Borneo, Malaysia selama penelitian. (A. van der Ent / A. Robinson)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru dari para ahli botani mengungkapkan bahwa beberapa tanaman predator ternyata lebih banyak makan kotoran mamalia dibandingkan dengan menangkap serangga. Hal itu mungkin karena tanaman predator dapat menyerap lebih banyak nitrogen dan nutrisi dari kotoran mamalia.

Temuan ini dipublikasikan di Annals of Botany yang merupakan jurnal akses terbuka. Makalah tersebut bisa didapatkan secara daring dengan judul "Capture of mammal excreta by Nepenthes is an effective heterotrophic nutrition strategy."

Pada studi ini, para ahli mempelajari Nepenthes yang merupakan genus tanaman karnivora yang paling dikenal di planet ini. Tanaman ini menangkap dan mencerna bahan organik di daunnya yang dimodifikasi untuk memperoleh nitrogen dan nutrisi berharga yang secara alami langka di habitatnya.

"Nepenthes adalah tanaman merambat terestrial atau epifit atau semak yang menghasilkan struktur daun yang khas yang terdiri dari phyllodium seperti daun (dasar daun yang dimodifikasi) dari puncak yang sulur muncul, menimbulkan epiascidiate (berbentuk tabung, dengan permukaan abaksial di di dalam) lamina atau teko,” kata ahli botani Curtin University, Adam Cross dan rekan-rekannya.

“Ini berevolusi terutama sebagai alat untuk menarik, menangkap, dan mencerna mangsa, dan terjadi dalam bentuk yang disebut 'kantong bawah' dan 'kantong atas' yang dikhususkan masing-masing untuk menangkap serangga yang merayap dan terbang.”

Mereka menjelaskan, bentuk, ukuran dan warna kendi sangat bervariasi di antara spesies Nepenthes.

"Tetapi sebagian besar spesies menghasilkan kendi dengan penutup yang menjorok, peristom berbentuk silinder yang mengelilingi mulut kendi (kadang-kadang pipih, bergerigi atau bergerigi), dan dinding interior terdiri dari zona kelenjar kadang-kadang dilampaui oleh zona lilin bagian atas," jelas mereka.

Tanaman karnivora berevolusi karena mangsa serangga langka di puncak tropis di atas 2.200 m. (Wikiwand)

“Nectar ekstrafloral pada sulur, dinding kantong luar, bagian bawah tutup dan di antara setiap pasang gigi di tepi bagian dalam peristom bertindak sebagai penarik mangsa.”

"Mangsa jatuh ke dalam kendi saat menemukan permukaan 'licin' anti-perekat di peristom atau di dinding kendi."

Mereka menambahkan, permukaan ini sering terdiri dari kristal lilin epikutikuler yang terlepas dan menempel pada tarsi dan cakar mangsa invertebrata atau terdiri dari struktur mikro seperti trikoma, sel bulan sabit, dan kelenjar pencernaan yang mengganggu cengkeraman.

"Hewan yang ditangkap tenggelam dalam cairan campuran enzim yang juga memfasilitasi dekomposisi, dan perolehan nutrisi dari mangsa," mereka menambahkan.