Ilmuwan Menemukan Fosil Kalajengking Laut Raksasa Sepanjang 1,1 Meter

By Ricky Jenihansen, Kamis, 2 Februari 2023 | 08:00 WIB
Rekonstruksi kehidupan kalajengking laut hibbertopterid. (DiBgd / CC BY-SA 4.0.)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi telah melaporkan penemuan fosil kalajengking laut raksasa sepanjang 1,1 meter. Fosil tersebut ditemukan di Formasi Atrasado di Kinney Quarry, Bernalillo County, New Mexico tengah.

Temuan tersebut telah dipublikasikan di jurnal Historical Biology dengan judul "A new species of the eurypterid Hibbertopterus from the Carboniferous of New Mexico, and a review of the Hibbertopteridae."

Fosil tersebut diidentifikasi sebagai spesies baru kalajengking laut raksasa dari zaman Kasimovian sekitar 307-303 juta tahun yang lalu. Spesies baru tersebut dinamai Hibbertopterus lamsdelli.

Spesimen baru ini hanyalah laporan keempat, namun yang paling dapat diandalkan, dari Amerika Serikat. Makhluk purba itu panjangnya mencapai 1,1 m dan mungkin hidup di muara yang dipengaruhi laut yang dialiri oleh delta sungai.

Makanannya kemungkinan termasuk krustasea kecil, ostracode, conchostracans, larva invertebrata dan telur gastropoda.

Hibbertopterus lamsdelli termasuk dalam Hibbertopteridae, kelompok arthropoda air yang telah punah dalam Ordo Eurypterida.

"Eurypterids, lebih dikenal sebagai kalajengking laut, beragam (sekitar 250 spesies) artropoda chelicerate akuatik Paleozoikum," kata penulis utama Simon Braddy dan rekannya. “Umumnya langka seperti fosil, eurypterids berlimpah secara lokal di Lagerstätten Paleozoikum Amerika dan Eropa.”

Dijelaskan, kebanyakan eurypterid dengan kaki belakang yang berubah menjadi dayung renang adalah predator nektos dan bentos, dan panjang pterygotid mencapai 2,5 m.

Spesimen holotipe (bagian) dari Hibbertopterus lamsdelli. Skala bar - 4 cm. (Braddy et al.)

“Bentuk raksasa lainnya termasuk hibbertopterid yang aneh. Stylonurid berbadan lebar dan pemakan sapu ini (tidak memiliki dayung) tumbuh hingga lebih dari 2 m," katanya.

“Mereka bukan pemangsa mangsa besar, seperti kebanyakan eurypterid. Mata lateral mereka, terletak di atas karapasnya, menunjukkan bahwa mereka bentik,” tambah mereka.

Menurut mereka, tidak mungkin mereka memakan mangsa besar. Sebagai gantinya, mereka menggunakan pelengkap anterior mereka untuk menjelajahi substrat untuk hewan dangkal dan infaunal seperti krustasea kecil dan cacing.

“Itu dikumpulkan dari bagian atas Kinney Quarry's bed 3, setebal 15-16 cm, sebagian besar berwarna oker, berlapis, batugamping bitumen hingga batulanau berkapur, umumnya disebut sebagai 'lapisan ikan,' karena menghasilkan sebagian besar ikan fosil di tambang,” kata ahli paleontologi.