Kisah Cinta Hercules dan Megara, Istri Pertama yang Terpaksa Dibunuh

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 2 Februari 2023 | 09:00 WIB
Hercules dan Megara adalah suami istri di mitologi Yunani kuno. (Wikimedia)

Nationalgeographic.co.id—Megara adalah istri pertama yang sangat dicintai Hercules atau Heracles dalam mitologi Yunani kuno. Namun sayangnya, kehidupan Megara berakhir tragis di tangan suaminya sendiri.

Bukan hanya Megara, anak-anak Hercules juga ikut dibunuh. Lantas mengapa itu terjadi? Simak kisah selengkapnya.

Megara, Istri Pertama Hercules

Megara tinggal di kerajaan Thebes bersama ayahnya, Raja Creon. Sedangkan Hercules tinggal di kerajaan sekutu tetangga. Kerajaan Thebes sedang diserang oleh orang-orang Minyan, yang mengancam untuk mengambil alih tanah mereka.

Hercules membantu Raja Creon dan kerajaan Thebes dengan menyatukan sekelompok prajurit Thebes dan mengusir Minyan. Raja Creon sangat berterima kasih kepada Hercules sehingga dia menawarkan putrinya, Megara, untuk menikah dengannya.

Megara dan Hercules Menikah

Megara dan Hercules akhirnya menikah dan memiliki tiga putra, yaitu Therimachus, Diecoon, dan Creontiades. Mereka hidup bahagia bersama di Thebes sampai Raja Creon terbunuh.

Saat Hercules pergi, Raja Creon dibunuh oleh Lycus dari Euboea dan merebut tahta Thebes. Lebih buruk lagi, Lycus juga berusaha memaksakan dirinya pada Megara.

Hercules pulang dari bantuan para dewa dan membunuh Lycus, menyelamatkan keluarganya. Hercules mulai berterima kasih kepada para dewa atas kepulangannya yang cepat dan aman untuk menyelamatkan keluarganya.

Hercules Membunuh Istri dan Anak-anaknya

Ilustrasi Hercules ketika membunuh anak-anaknya di depan istrinya sendiri, Megara di mitologi Yunani kuno. (Spanish National Archaeological Museum)

Hera, dewi pernikahan Yunani murka dengan keberadaan Hercules. Dia ingin hidup Hercules menderita. Pasalnya, Hercules adalah putra dari suami Hera, Zeus dan wanita fana Alcmene.