Cara Sederhana yang Bisa Anda Lakukan untuk Memerangi Perubahan Iklim

By Wawan Setiawan, Senin, 6 Februari 2023 | 08:34 WIB
Ada hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan masing-masing untuk memerangi perubahan iklim. (MamiGibbs/Getty Images)

Nationalgeographic.co.idPerubahan iklim adalah salah satu masalah yang paling mendesak saat ini, dengan potensi menyebabkan kerusakan luas pada planet kita dan penghuninya. Aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil, penggundulan hutan, dan proses industri telah memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan emisi gas rumah kaca. Yang pada gilirannya menyebabkan pemanasan permukaan bumi dan perubahan iklim global.

Perubahan iklim adalah masalah besar dan ada banyak hal yang terjadi di seluruh dunia mulai dari gelombang panas hingga banjir dan efek lainnya. Sebagai seorang individu, mungkin terasa terlalu banyak yang harus dilakukan dan Anda dapat dilumpuhkan oleh kecemasan iklim yang merupakan ketakutan kronis akan malapetaka lingkungan.

Akan tetapi, hal-hal kecil apakah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membuat perubahan di lingkungan Anda? Atau hal apa yang bisa juga dilakukan bersama-sama dengan orang lain yang akan menciptakan efek riak dalam upaya membalikkan kerusakan akibat perubahan iklim?

Ini penting karena kita membutuhkan “perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya di semua aspek masyarakat untuk menghadapi perubahan iklim, kata laporan IPCC. “Semua orang harus terlibat,” kata Debra Robert, wakil ketua IPCC.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memberi dampak pada lingkungan dan melakukan bagian Anda untuk menyelamatkannya.

Hilangkan sisa makanan

Ada banyak makanan yang terbuang baik di luar maupun di rumah terutama karena sudah basi sebelum kita memakannya. Ini terutama untuk buah-buahan yang terkadang akhirnya menjadi busuk. Kita dapat memerangi pemborosan makanan hanya dengan berbelanja apa yang kita butuhkan dan menyumbangkan apa yang tidak bisa kita makan. Jika Anda bertani, temukan metode penyimpanan yang memastikan kerugian minimal. Saat pergi ke suatu acara, pilih saja apa yang Anda yakin akan Anda makan alih-alih membebani piring Anda dan meninggalkan sisa makanan.

Kurangi, gunakan kembali, dan daur ulang

Mengurangi berarti mengurangi sampah yang kita hasilkan. Penggunaan kembali dalam hal ini membuat kita menemukan cara baru untuk menggunakan barang-barang yang akan kita buang seperti kantong plastik atau toples yang dapat digunakan dengan cara yang berbeda.

Pergunakan kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi hal berguna lainnya dengan cara yang berbeda. (rawpixel.com / Teddy)

Mendaur ulang berarti mengubah barang yang tidak terpakai menjadi sesuatu yang baru dan berguna misalnya membuat sandal plastik menjadi patung atau batu bata atau membuat ban menjadi sepatu. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi jejak karbon Anda dan membantu melindungi lingkungan.

Gunakan peralatan hemat energi dan bola lampu