Raibnya Timbunan Emas Hitler dan Konspirasi yang Menyelimutinya

By Galih Pranata, Senin, 13 Februari 2023 | 13:00 WIB
Sebagian timbunan emas Hitler yang pernah ditemukan di dalam sebuah gua di Jerman pada tahun 1945. (History Defined)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah film dokumenter dari Inggris mengungkap rahasia baru tentang hilangnya kekayaan Adolf Hitler, yang diperkirakan bernilai lebih dari 17,5 miliar shekel atau setara dengan $5 miliar (dolar).

Film dokumenter itu juga mengungkapkan bahwa Hitler memungut royalti atas perangko Jerman yang menggunakan gambar wajahnya dan menyembunyikan hartanya itu di dalam rekening bank rahasia atau bahkan tempat yang sangat rahasia lainnya.

"Kekayaan Hitler dianggap sebagai harta rampasan terbesar yang pernah tercatat," tulis Carl Seaver kepada History Defined. Ia menulisnya dalam artikel berjudul 9 Fascinating Unsolved Historical Mysteries yang diterbitkan pada 31 Januari 2023.

Namun, harta sebesar itu diperkirakan tidak ditemukan hingga hari ini, hingga meninggalkan misteri dan pertanyaan besar sepanjang sejarah. 

"Dengan tumpukan emas batangan yang tak terbayangkan, kekayaan yang dijarah ini menghilang dari brankas Reichsbank Jerman, jauh dari mata publik," imbuh Carl.

Selama bertahun-tahun setelah Perang Dunia Kedua, harta karun berupa tumpukan emas batangan dibuat terpisah dari barang-barang berharga lainnya yang dijarah dan dicuri selama perang.

Diperkirakan harta rampasan itu ditemukan di seluruh Eropa—dari Swedia hingga Spanyol, Swiss, dan Portugal. Tapi harta karun yang ditemukan ini hampir tidak bisa dibandingkan dengan dugaan timbunan jarahan Hitler yang masih belum diketemukan.

Sampai hari ini, banyak yang masih memburu harta karun tersebut, masih dihantui oleh satu pertanyaan penting—di mana Hitler menyimpan emas-emasnya itu?

Sebelum kematiannya pada tahun 1945, Hitler menulis surat wasiatnya, di mana dia menyerahkan sebagian besar tanah dan harta miliknya kepada Partai Nazi. Nahas, partai tersebut pada akhirnya dihapuskan.

Dalam wasiatnya, ia tidak pernah menyebut tentang emas kepunyaannya untuk diserahkan kepada Nazi. Sejarawan tetap memastikan bahwa Hitler menimbunnya di tempat paling rahasia, di mana hanya dirinyalah yang mengetahui.

Alhasil, akibat tidak tuntasnya teka-teki disembunyikannya emas batangan dan harta berharga Hitler lainnya sebagai harta karun yang paling diburu, muncullah berbagai teori konspirasi yang menyelimutinya.

Führerbunker, kompleks bunker bawah tanah di Berlin ini berfungsi sebagai markas dan tempat tinggal terakhir Hitler. Di sana jugalah ia menghabisi nyawanya . (Wikimedia Commons)